Bunga Raflesia Tumbuh Di Halaman Rumah Warga

id bunga raflesia, tumbuh di, halaman rumah warga

Dumai, 2/6 (ANTARA) - Warga Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Riau, Selasa petang heboh dengan mekarnya sekuntum bunga raflesia atau bunga bangkai di halaman rumah seorang warga.

Sekuntum raflesia tersebut ditemukan pertama kali oleh Erni (40) yang tinggal di Jalan Bintan, Gang Ansar, Kelurahan Sukajadi, Dumai pada Selasa pagi.

Kepada ANTARA di Dumai, Rabu, Erni mengaku bahwa pada awalnya ia tidak begitu peduli dengan kembang tersebut, namun pada Selasa pagi, ia mencium bau busuk yang datang dari samping rumahnya.

Setelah sumber bau itu dicari-cari, ternyata di samping rumahnya sedang mekar sekuntum bunga berukuran raksasa yang diduga raflesia.

"Saya tidak tahu sama sekali kalau semak belukar yang tumbuh disamping rumah saya ada bunga raflesia, karena bunganya baru mulai mekar seminggu ini," katanya.

Warga sekitar kemudian tak henti-hentinya mendatangi rumah Erni, untuk melihat bunga berukuran raksasa tersebut.

Bunga raflesia tersebut diperkirakan berdiameter 50 cm dan tinggi sekitar 75 cm dengan mengeluarkan aroma yang menyengat.

"Kami tidak pernah melihat bunga seperti ini secara langsung," kata Erwin (33), seorang warga yang tengah menyaksikan raflesia di rumah Erni.

Menurut warga sekitar lainnya, Junior (42), yang juga tetangga Erni, awalnya bunga raflesia tersebut hanya terlihat kuncupnya kemudian kelopaknya mekar dan mengeluarkan bau busuk.