Dua bunga Rafflesia arnoldi telah mekar sempurna di Bengkulu Selatan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Bunga Raflesia

Dua bunga Rafflesia arnoldi telah mekar sempurna di Bengkulu Selatan

Dua bunga Rafflesia Arnoldi yang mekar di sekitar kebun milik warga di Dusun Pulu Lebagh Desa Kayu Ajaran, Kecamatan Ulu Manna,Kabupaten Bengkulu Selatan. (ANTARA/Anggi Mayasari)

Kabupaten Bengkulu Selatan (ANTARA) - Dua bunga Rafflesia arnoldii telah mekar sempurna di kebun warga tepatnya di Dusun Pulu Lebagh Desa Kayu Ajaran, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu.

Dua bunga Rafflesia Arnoldi di sekitar kebun warga tersebut mulai mekar sejak 27 September dan diperkirakan hingga Kamis (1/12).

"Untuk satu bunga Rafflesia tersebut, hari ini sudah mulai menghitam, namun satu bunga lainnya hingga besok masih bagus," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Kabupaten Bengkulu Selatan Yogikepada Antara,. Rabu.

Untuk masyarakat yang ingin melihat mekarnya dua bunga Rafflesia dapat langsung mendatangi lokasi namun dengan mengikuti peraturan di lapangan.

Hal tersebut dilakukan, sebab sebelum masuk ke lokasi mekarnya bunga Rafflesia Arnoldi, para pengunjung harus melewati kebun jagung milik warga, katanya

Warga diminta untuk berhati-hati ketika sudah tiba di lokasi mekarnya bunga, sebab pihaknya takut nantinya pengunjung menginjak bongkol bunga Rafflesia, ujarnya.

"Untuk masyarakat yang ingin melihat kami persilakan namun harus berhati-hati saat berada di lokasi," ujarnya.

Selain itu, pengunjung dapat menghubungi KPPL Bengkulu Selatan dan masyarakat sekitar lokasi untuk membantu menjadi pemandu lokasi mekarnya bunga Rafflesia Arnoldi tersebut.

Lokasi mekarnya bunga Rafflesia Arnoldi tersebut berada sekitar 150 meter dari jalan raya di Kecamatan Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Yogi berharap agar para masyarakat yang berkunjung dan menyaksikan bunga Rafflesia mekar untuk mendukung upaya menjaga kelestarian habitat bunga raksasa tersebut beserta habitatnya.

Baca juga: Dua jenis bunga rafflesia di hutan Bengkulu kembali mekar

Baca juga: Ada bunga langka di hutan Langkat