Peringatan HKN Meranti, Wabup Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Sehat

id peringatan hkn, meranti wabup, ajak masyarakat, budayakan hidup sehat

Peringatan HKN Meranti, Wabup Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Sehat

Selatpanjang (Antarariau.com) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim mengajak masyarakat untuk membudayakan prilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga guna meningkatkan kualitas kehidupan bangsa.

"Hal ini sesuai dengan tema program Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat yakni "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku," kata Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim saat menjadi pembina upacara peringatan hari Kesehatan Nasional dihalaman kantor Bupati, Selatpanjang, Senin.

Dijelaskan Said Hasyim untuk meningkatkan kwalitas kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh dua komponen yakni kesehatan lingkungan dan ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan. Namun satu hal yang tidak bisa diabaikan menurutnya adalah prilaku hidup sehat yang dimulai dari diri dan keluarga sebagai lingkup terkecil dalam masyarakat.

"Keluarga adalah sarana pertama dalam pembentukan karakter manusia, pendidikan akan mempengaruh emosional anak untuk tumbuh dan berkembang, prilaku hidup bersih harus diajarkan dan dimulai dari lingkungan itu," ujar Wakil Bupati.

Hidup sehat dalam gerakan masyarakat (Germas) yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia kuat, upaya promotif dan preventif. Sehingga tercipta masyarakat produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Saat ini Pemerintah tengah gencar-gencarnya mensosialisasikan Germas dalam rangka membentuk bangsa Indonesia yang kuat, ini dapat dimulai dari keluarga dengan membudayakan hidup sehat baik promotif maupun preventif.

"Hidup sehat yang dimulai dari keluarga seperti selalu menkonsumsi buah, sayuran dan makanan sehat, senantiasa berolahraga dan memeriksa kesehatan secara rutin, tidak merokok dan yang tak kalah penting menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional," imbuh Wakil Bupati.

Ia juga tidak lupa mengajak para insan kesehatan untuk dapat merefleksi diri dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Baik peningkatan pelayanan oleh petugas maupun kwalitas peralatan yang dimilki.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada pemenang tenaga kesehatan teladan dan Puskemas berpestasi tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti.

Penghargaan tenaga kesehatan teladan kategori para medis, pemenang Unit Pelaksana Teknis Puskemas berprestasi di raih oleh UPT Puskesmas Pulau Merbau, selain itu juga dilakukan penyerahan kendaraan bermotor roda dua sebanyak 28 unit untuk operasional petugas desa. Roda empat untuk Puskesmas keliling yang diserahkan kepada UPT. Puskemas Tanjung Samak yang dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus dan Afirmasi 2017.