RT Dumai Diimbau Untuk Ajak Masyarakat Gunakan Hak Suara Pada Pemilu

id rt dumai, diimbau untuk, ajak masyarakat, gunakan hak, suara pada pemilu

RT Dumai Diimbau Untuk Ajak Masyarakat Gunakan Hak Suara Pada Pemilu

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Dumai Riau mengimbau para ketua rukun tetangga setempat untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu dengan mengajak warga aktif menggunakan hak pilih.

Ketua KPU Dumai Darwis mengatakan, upaya meningkatkan jumlah pemilih terus dilakukan, salah satu dengan pencanangan sadar pemilu dan berbagai kegiatan lain.

"KPU menetapkan partisipasi pemilih secara nasional sebesar 77,5 persen, karena itu kita mengajak ketua rt untuk mengingatkan masyarakat sekitar agar aktif saat pemilu nanti," kata Darwis pada pers, Senin.

Disebutkan, pencanangan sadar pemilu di Dumai dikemas dengan olahraga senam bersama dan jalan santai pada Minggu (29/10) di Taman Bukit Gelanggang, diikuti Wali Kota Zulkifli As, para ketua partai politik dan warga umum.

Senam dan jalan santai diikuti sekitar seribuan peserta ini dengan rute awal Jalan HR Soebrantas ke Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Bukit Datuk Lama, kemudian berakhir dengan berputar ke titik start.

Sukses pelaksanaan pemilu dan tingkat partisipasi pemilih memuaskan, lanjutnya, tidak saja menjadi tugas KPU atau lembaga terkait lain, melainkan juga perlu peran dan partisipasi masyarakat umum dan partai politik.

"Kita saat ini sedang merekrut petugas pemilihan di tingkat kecamatan dan kelurahan, diharap seluruh proses dapat berjalan baik," sebutnya.

Diketahui, tingkat partisipasi masyarakat sebagai pemilih dalam Pemilu Legislatif 9 April 2014 di wilayah Kota Dumai mencapai 66 persen, atau 136.395 suara dari total 204.429 jiwa dengan 607 TPS.

Rumah pintar pemilu juga telah dibentuk di Dumai sebagai edukasi politik dan sosialisasi serta satu persiapan jelang pemilihan gubernur 2018 mendatang, diharap jadi wadah untuk menarik pemilih pemula dan meningkatkan partisipasi pemilih.