Sejumlah Rute Penerbangan Bandara Japura Akan Segera Diaktifkan

id sejumlah rute penerbangan bandara japura akan segera diaktifkan

Sejumlah Rute Penerbangan Bandara Japura Akan Segera Diaktifkan

Rengat (Antarariau.com) - Pengelola Bandara Japura Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau akan mengaktifkan kembali rute penerbangan ke sejumlah daerah, sehingga masyarakat dapat memanfatkan untuk berbagai kepentingan selain mendorong peningkatan kunjungan ke daerah ini.

"Beroperasi kembali bandara ini untuk kepentingan bersama, dan saat ini sudah layak untuk penerbangan komersial," kata Kepala Bandara Japura, Indragiri Hulu Mohamad Kurniawan, di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, beberapa tahun ini Bandara Japura di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu tidak melayani penerbangan komersial. Namun, kini akan diaktifkan kembali untuk berbagai kepentingan masyarakat.

Pihak pengelola bandara akan membuka rute penerbangan Japura-Batam dan Japura-Padang, dengan pesawat yang akan digunkan yaitu jenis ATR 500-600 dari maskapai Wings Air.

"Kami berharap dukungan dari semua pihak, agar prosesnya berjalan lancar," ujarnya lagi.

Menurut Kurniawan, saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan, termasuk pengajuan izin ke Dirjen Perhubungan, mengingat pada prinsipnya semua fasilitas yang ada sudah siap untuk dioperasikan dan beroperasi Bandara Japura ini.

Keberadaan bandara ini dinilai akan sangat membantu bagi para calon penumpang untuk bepergian lebih cepat ke tempat tujuan.

Kurniawan juga menyatakan, dengan dibuka rute penerbangan di Bandara Japura ini, tentunya akan membuka kembali isolasi jalur udara pada masa lampau sempat berjaya dan menjadi andalan warga Indragiri Hulu.

"Aktivitas siswa sekolah penerbangan yang selama ini menggunakan Bandara Japura untuk latihan terbang juga diyakini tidak akan terganggu," ujarnya lagi.

Pihak pengelola bandara sudah merancang traffic control yang akan mengatur jadwal penerbangan sesuai aturan berlaku.

Camat Lirik Suhadi mengatakan, dengan adanya rencana pengoperasian kembali Bandara Japura Lirik akan membuat daerah ini menjadi maju dan lebih berkembang, selain mempermudah pelaku bisnis maupun masayarakat untuk bepergian tepat waktu.

"Saya sangat mendukung beroperasi kembali bandara tersebut," katanya pula.

Dia menjelaskan, selama ini Bandara Japura menjadi kebanggaan masyarakat Indragiri Hulu, karena tidak semua daerah setingkat kabupaten memiliki bandara, sehingga jika difungsikan dengan baik justru akan membantu peningkatan perekonomian daerah ini.