Warga Pekanbaru Bersiaplah, Empat Februari Akan Diadakan Debat Kandidat Pilkada!

id warga pekanbaru, bersiaplah empat, februari akan, diadakan debat, kandidat pilkada

Warga Pekanbaru Bersiaplah, Empat Februari Akan Diadakan Debat Kandidat Pilkada!

Pekanbaru (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru, Riau, akan menggelar debat kandidat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada 4 Februari 2017.

"Tepatnya Sabtu, 4 Februari kami akan mengundang kelima pasang calon wali kota dan wakil wali kota Pekanbaru untuk mengadakan debat kandidat," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru Amiruddin Sijaya di Pekanbaru, Senin.

Amiruddin Sijaya menjelaskan, debat ini merupakan tahapan akhir dari sesi kampanye para calon menjelang Pilkada 15 Februari 2017.

Ia juga mengatakan, debat para calon itu digelar hanya satu kali, namun durasinya cukup lama.

"Kami mau agar debat ini berkualitas, karena debat hanya sekali dengan durasi 3 jam," sebut Amiruddin.

Untuk persiapan suksesnya acara debat ini sambung Amiruddin dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang penghubung (LO) masing-masing calon untuk menjelaskan bagaimana materi atau kisi-kisi dari debat tersebut.

"Kalau menurut jadwal, Insya Allah Kamis besok kita akan undang LO nya untuk menjelaskan kisi-kisi dari materi debat dan mudah-mudahan juga besok itu kita sudah merumuskan secara detail bagaimana jalannya debat kandidat supaya ini bisa betul ada kualitasnya," katanya.

Amiruddin menilai tujuan dari debat kandidat calon wali kota dan wakil wali kota Pekanbaru ini semata-mata bukan untuk menjatuhkan masing-masing calon.

Tetapi memberi kesempatan untuk kepada calon menyampaikan visi-misi yang mereka akan jalankan kepada publik secara terbuka.

"Saya pastikan debat ini bukan untuk menjatuhkan satu sama lain, tetapi dengan debat kandidat terbuka ini bisa menjadi sumber informasi yang valid, program, dan penyampaian visi- misi yang jelas kepada masyarakat," katanya.

Debat kandidat ini terbuka untuk umum dan akan diliput media massa.

Pilkada Pekanbaru akan berlangsung 15 Februari 2017. Ada lima pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang bertarung.

Kelima pasangan tersebut sesuai nomor urutnya, yakni Syahril-Said Zohrin, Herman Nazar-Defi Warman, Firdaus-Ayat Cahyadi, Ramli-Irvan dan Dastrayani Bibra-Said Usman Abdullah.