Puluhan Anggota Satpol PP Pekanbaru Ikut mengamankan Malam Pergantian Tahun

id puluhan anggota, satpol pp, pekanbaru, ikut mengamankan, malam pergantian tahun

Puluhan Anggota Satpol PP  Pekanbaru Ikut mengamankan Malam Pergantian Tahun

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak 50 anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekanbaru, Riau, akan membantu Polri dalam menjaga keamanan malam pergantian tahun baru.

Pengerahan anggota Satpol PP ini atas permintaan Polresta Pekanbaru, kata Kepala Badan Satpol PP Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian di Pekanbaru, Rabu.

Sebetulnya Polresta Pekanbaru meminta 150 personel, tetapi jumlah anggota Satpol PP saat ini masih terbatas.

"Anggota Satpol PP Pekanbaru banyak dinas lapangan. Kemungkinan dibantu Satpol Provinsi Riau. Kami cuma sanggupi 50 dari kota." kata dia.

Tiga daerah yang akan dijaga Satpol PP yaitu Taman Purna MTQ, Jalan Soedirman, dan Jalan Diponegoro.

Menurutnya biasanya malam pergantian tahun baru kaula muda khususnya dan warga Pekanbaru umumnya akan keluar rumah dan melakukan kegiatan hiburan atau sekadar keliling kota untuk menyaksikan detik-detik pergantian.

Keramaian seperti ini sangat rawan terhadap berbagai kejadian yang merugikan masyarakat. Makanya perlu ada pengawalan di beberapa wilayah tersebut.

Ia juga mengimbau masyarakat tidak berlebihan merayakan tahun baru.

"Kondisi yang ramai dan padat nanti kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Makanya utamakan keselamatan, setelah itu menikmati perayaan pergantian tahun," katanya.

Sebelumnya diberitakan Polda Riau dan jajaran terjunkan sebanyak 3.092 personel untuk pengamanan Natal 2016 dan malam Tahun Baru 2016.

Gabungan dari Polri, TNI, serta instansi terkait disebar di seluruh titik yang menjadi atensi pengamanan.

Kapolda Riau, Irjend Zulkarnain Adinegara mengatakan kebutuhan personel nantinya juga akan menyesuaikan dengan tingkat eskalasi di lapangan.

"Tentu harapan kita bersama bagaimana menjadikan Riau aman dan nyaman," ujar Kapolda usai gelar pasukan Natal dan Tahun Baru di halaman kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Kamis (22/12/2016).

Terkait pengaman gereja, Kapolda mengatakan pengamanan sudah dilakukan sejak dini. Penjagaan dan pemeriksaan dilakukan pada pintu masuk.

"Ada pelarangan membawa tas kedalam gereja. Untuk pengamanan tersebut kita juga libatkan pemuda Gereja agar lebih maksimal," paparnya.

Pola periksa, periksa ulang, serta sterilisasi menjadi standar masing-masing Polres di seluruh Provinsi Riau.