PT IDE Akan Bangun Kilang Minyak Mini Di KITB

id pt ide, akan bangun, kilang minyak, mini di kitb

Siak (Antarariau.com) - Perseroan Terbatas Indi Daya Energi melirik Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) yang terletak di kabupaten Siak, Provinsi Riau dan berencana akan berinvestasi untuk pembangunan kilang minyak mini karena dinilai sebagai wilayah strategis.

Bunsentoso perwakilan PT IDE menyatakan, Tanjung Buton yang berada di kabupaten Siak merupakan daerah strategis, dekat peraian selat Malaka dan sangat cocok untuk membangun kilang minyak. Guna mempermudahkan ruang gerak logistik baik dari dalam maupun luar negeri.

"Ketahanan energi nasional akan bisa meningkat dengan membangun kilang-kilang kecil di dalam negri. Apalagi saat ini rencana akan dibangun KITB dengan lokasi strategis di tepi laut," kata Bunsentoso saat kunjungannya di Siak, Rabu.

Dia mengatakan, kondisi lifting minyak bumi mengalami kenaikan, namun tidak signifikan. Data tahun 2014 produksi minyak bumi sebesar 794.000 barrel/hari, dan kini kisaran diangka 825.000 barrel/hari.

Sedangkan untuk impor Bahan Bakar Minyak terus meningkat untuk memenuhi konsumsi BBM nasional. Tahun 2014 impor sebesar 470.000 barel/hari dan kini mencapai 670.000 barrel/hari.

Kami berharap bisa menjadi sumber minyak di daerah Siak, terutama akan dibangunnya Kawasan Industri Tanjung Buton. Kami juga berharap dari pemda Siak bisa bekerja sama, apa lagi kami fokus di pengolahan," terang dia.

Dia menyebutkan, usulan lokasi kilang minyak mini di tanjung buton akan bekerjasama dengan KITB. PT IDE akan menyediakan minyak mentah dan aspek teknis.

Sedangkan Pemda Siak dapat berperan sebagai "off taker" dari hasil produk kilang minyak mini. Pendirian badan hukum untuk pengelolaan atau kerjasama dalam bentuk lain akan didiskusikan kemudian hari.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Siak Syafrilenti menyampaikan Pemda kabupaten Siak akan mempertimbangkan rencana investasi PT IDE tersebut.

"Tentunya nanti kami akan menyerahkan pengelolaannya kepada KITB atas pembangunan ini, kami juga berharap PT Indi Daya Energi bisa bekerja sama dengan PT KITB dengan harapan bisa saling menguntungkan bagi pemda Siak maupun pihak perusahaan," sebut Syafrilenti.

Oleh: Nella Marni