Polres Dumai Catat Dua Kecelakaan Selama Operasi Zebra 2016

id polres dumai, catat dua, kecelakaan selama, operasi zebra 2016

Polres Dumai Catat Dua Kecelakaan Selama Operasi Zebra 2016

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Dumai tangani dua kecelakaan lalu lintas menyebabkan seorang korban meninggal dunia selama dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra 2016, atau turun dibanding 2015 dengan empat perkara.

Kapolres Dumai AKBP Donal H Ginting di Dumai, Rabu, menyebutkan, tren kecelakaan mengalami penurunan dari empat jadi dua, tapi pelanggaran lalu lintas justru naik dibanding tahun lalu dengan 715 tilang dan 442 teguran.

"Kecelakaan lalu lintas dibanding 2015 turun jadi hanya dua dari empat perkara, sedangkan pelanggaran naik sepuluh persen untuk tilang dan 206 persen teguran," kata Kapolres.

Dijelaskan, jumlah penindakan pelanggaran dalam operasi zebra 2015 diketahui, 648 tilang, teguran 144, jenis kendaraan terjaring 664 roda dua dan 5 mobil penumpang.

Selama operasi zebra 2016, lanjut dia, personel lapangan lebih banyak menindak pemotor tidak pakai helm 218 orang, kelengkapan 91, marka 72, melawan arus 39 dan lainnya.

Sedangkan jenis kendaraan yang banyak melakukan pelanggaran adalah roda dua sebanyak 600 unit, 59 mobil barang, 54 mobil penumpang dan dua kendaraan khusus.

"Pemotor tidak pakai helm lebih banyak terjaring dan ditindak dengan tilang, disusul kendaraan tidak melengkapi dokumen dan lainnya," sebut Donal.

Selain penindakan, selama operasi zebra juga diadakan pendidikan berlalu lintas kepada masyarakat sebanyak 70 kegiatan di 2016, atau meningkat 23 kegiatan dibanding 2015 lalu dengan 47 kali.

Sementara, Kasat Lalu Lintas Polres Dumai AKP Emil E Putra menilai pelanggaran di jalan raya ini karena kesadaran masyarakat untuk taat aturan masih kurang dan hanya patuh ketika ada petugas di lapangan.

Operasi zebra selain dengan gelar razia di jalan raya, petugas juga memberi penyuluhan sadar berlalu lintas di sejumlah tempat keramaian, perkantoran, sekolah, pasar, pangkalan ojek dan bank serta lain sebagai.

"Personel operasi zebra juga menggelar razia sistem hunting atau patroli di jalan raya sambil melihat pengendara yang melanggar aturan," kata Emil baru ini.