Pemkab Siak Bantu Perekonomian Warga Pesisir Dengan Membentuk Koperasi Nelayan

id pemkab siak, bantu perekonomian, warga pesisir, dengan membentuk, koperasi nelayan

Pemkab Siak Bantu Perekonomian Warga Pesisir Dengan Membentuk Koperasi Nelayan

Siak (Antarariau.com) - Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan kabupaten Siak, provinsi Riau membentuk empat koperasi nelayan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

"Saat ini kita telah mempersiapkan Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan dan baru memverifikasi empat koperasi," ujar Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Kelautan Disnakkanla Siak Yulfan di Siak, Jumat.

Dia mengatakan keempat koperasi yang sudah dibentuk tersebut tiga diantaranya berada di kecamatan Sungai Apit dan satu di Sabah Auh. Ia menargetkan semua kecamatan yang ada di kabupaten Siak mempunyai koperasi nelayan tersebut.

"Kita menargetkan 14 kecamatan yang ada di kabupaten Siak Ini mempunyai koperasi nelayan ini, namun karena ada keterbatasan waktu pengisian secara "online" maka yang baru diverifikasi empat koperasi," ucapnya.

Dia menyampaikann saat ini pihaknya tengah memproses pembentukan dua koperasi lagi untuk nelayan kecamatan Mempura dan Siak.

"Ini merupakan bantuan berbadan hukum yang bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM. Koperasi ini selain digunakan sebagai penyalur bantuan dari pemerintah pusat dan Pemprov, juga untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat pesisir" tambahnya.

Katanya tahun 2017 akan ada lagi bantuan kapal cepat dan alat tangkap dari KKP untuk nelayan Siak yang akan disalurkan melalui koperasi yang sudah memiliki Nomor Induk Koperasi (NIK) dari Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Riau.

Yulfan berharap dengan adanya koperasi perikanan ini, perekonomian masyarakat pesisir bisa lebih meningkat. Katanya ini adalah upaya untuk memberikan perlindungan dan pemberdayaan terhadap nelayan dari pemerintah.

Oleh: Nella Marni