Bermain Minimal Lima Jam Sehari Mampu Mengembangkan Stimulus Otak Anak

id bermain minimal lima jam sehari mampu mengembangkan stimulus otak anak

Bermain Minimal Lima Jam Sehari Mampu Mengembangkan Stimulus Otak Anak

Jakarta (Antarariau.com)- Masa kanak-kanak memang seharusnya dihabiskan dengan bermain. Setidaknya, Anda harus membiarkan mereka bermain selama lima jam dalam sehari.

Lewat permainan, Anda bisa belajar banyak hal. Ini yang akan menstimulus kecerdasan mereka. Apalagi, jika permainan aktif dan pasifnya berjalan seimbang.

"Anak usia lima tahun pertama, dianjurkan bermain setidaknya lima jam sehari tapi harus seimbang bermain pasif dan aktifnya," ungkap Roslina Verauli, M.Psi, Psikolog Anak saat berbincang di Kembang Goela, Jakarta, Kamis (22/9).

Perempuan yang akrab disapa Vera ini memberi contoh tentang permainan aktif dan pasif. Permainan aktif adalah yang melibatkan dua orang, misalnya ibu mengajarkan anaknya bernyanyi dan anak mengikuti. Sedangkan permainan pasif, anak mendengarkan musik sendirian sehingga hanya berjalan satu arah.

"Kegiatan harus bervariasi. Anak-anak kadang juga butuh bermain sendiri juga. Anak-anak butuh keadaan bapak-ibunya yang positif. Kalau bapak-ibunya dalam keadaan negatif terus, berarti mereka harus berkonsultasi ke psikolog," tutup Vera.

Sumber: GoHitz