Ratusan PKL Pasar Teratai Akhirnya Berhasil Direlokasi

id ratusan pkl, pasar teratai, akhirnya berhasil direlokasi

Ratusan PKL Pasar Teratai Akhirnya Berhasil Direlokasi

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengklaim berhasil merelokasi 500-an Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Teratai hanya dalam kurun waktu lima hari tanpa kendala berarti.

"Memasuki hari ke-5 tim Yustisi sudah mampu membersihkan semua PKL yang berjualan di tiga badan jalan Jalan Teratai, Jalan Seroja, dan Jalan Alimunddinsyah," kata Ketua Tim Yustisi Azwan usai rapat evaluasi penertiban PKL Pasar Teratai, Jumat.

Azwan menjelaskan secara keseluruhan operasi penertiban dan relokasi PKL Pasar Teratai sudah hampir tuntas karena semua lapak yang ditaruh dan menempel pada pedestrian, di atas parit bahkan di depan ruko sudah dibongkar.

"Tadi kami rapat evaluasi, dari hasil pertemuan tadi ada beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti untuk tuntasnya penertiban PKL Pasar Teratai," terang Azwan.

Ia menjelaskan lagi, kedepan tim yustisi akan terus melakukan penjagaan dan pengawalan atas tiga ruas jalan yang sudah bersih.

"Kami sepakat akan tetap menempatkan tim dalam pos untuk menjaga kalau-kalau ada PKL yang mencoba kucing-kucingan berjualan," katanya lagi.

Selain itu akan ada mobil patroli keliling dengan pengeras suara untuk menyosialisasikan larangan berjualan di beberapa ruas jalan. Demikian juga imbauan kepada pemilik Ruko yang mencoba menaruh barang dagangannya lebih dari 2,5 meter didepan teras hingga menutupi pedestrian.

"Kepada pemilik Ruko tidak boleh lagi menyewakan atau menempatkan barang di batas 2,5 meter," tegasnya.

Kalau ada yang melanggar ia menambahkan tim tidak akan segan-segan lagi akan mengambil tindakan lebih tegas.

"Saat ini hanya ada satu bangunan lagi yang menonjol belum dibongkar karena mereka meminta untuk melakukannya sendiri," terangnya.

Selanjutnya tugas tim juga akan membuka posko terpadu yang menampung pengaduan, kendala dan sebagainya.

Kemudian untuk terminal yang kini sudah bersih dari PKL diserahkan kepada Dishub untuk melakukan pengaturan guna penggunaaannya termasuk arus lalulintas pada tiga ruas jalan yang sudah terbebas dari PKL.

Ia juga menambahkan tim gabungan akan melakukan pembersihan dan mempercantik kawasan yang sempat kumuh oleh PKL tersebut.

"Kamis depan tim teknis Dinas Pasar, PU, Dishub dan tim yustisi akan gotong -royong massal membersihkan parit, merapikan jalan, pedestrian yang pecah diganti serta lampu jalan dipasang, sehingga fungsi jalan itu kami kembalikan sebagaimana mestinya," katanya menambahkan.

Sebelumnya diberitakan tim Yustisi Kota Pekanbaru, yang jumlahnya sekitar 400 lebih berhasil membersihkan lapak para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di Jalan Teratai.

Tim bergerak dari pukul 01.00 WIB dini hari sampai Senin sore (19/9/16), tanpa perlawanan berarti.

Sekitar 500-an PKL berhasil direkolasi pada dua gedung pasar yang tersedia yakni higienis dan PMJ.