550 Kios Siap Menampung PKL Pasar Teratai

id 550 kios siap menampung pkl pasar teratai

550 Kios Siap Menampung PKL Pasar Teratai

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Pasar Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menyediakan 550 kios untuk menampung Pedagang Kaki Lima (PKL) yang akan direlokasi dari tiga ruas jalan Pasar Teratai

"Prosesnya sudah siap, kios bisa ditempati pedagang," kata Sekretaris Dinas Pasar Kota Pekanbaru Hendra di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, semua PKL yang ada ditiga ruas jalan yakni Teratai, Alamuddinsyah, dan Seroja bisa tertampung pada kedua gedung pasar.

"Karena itu sudah kami data dan mencukupi untuk semua PKL bahkan lebih," kata Hendra lagi

Hendra memperkirakan saat ini total PKL yang berada di jalan Teratai, Jalan Alamuddinsyah, dan Jalan Seroja mencapai 438 PKL.

Sementara jumlah kios yang tersedia melebihi yakni sekitar 550 baik untuk komoditas kering dan basah.

Lebih jauh Hendra menyebutkan lokasi yang disiapkan Dinas Pasar di Pasar Higienis ada 130 los kering dan 20 los basah.

Sedangkan di Pasar Senapelan atau Pasar Kodim tersedia kurang lebih 400 kios.

"Mereka sudah bisa tertampung di Pasar Higienis dan Pasar Senapelan," katanya lagi.

Persoalannya mengapa Jalan Teratai tidak juga steril dari PKL, selama ini cuma sebagian yang masuk, sementara lainnya tetap berjualan di jalan. Sehingga sudah sempat berjualan didalam keluar lagi," beber Hendra.

Untuk itu lanjut dia pada penertiban kali ini Pemko akan tegas dan secara serentak merelokasi semua PKL. Tidak ada yang tersisa, bahkan pembeli juga akan dilarang berbelanja diluar/jalan.

"Mereka akan diarahkan tim masuk ke dalam pasar," tegasnya.

Ia menambahkan untuk proses penertiban ini tim menyiagakan personil sekitar 400 lebih. Terdiri dari sekitar 200 anggota Satpol- PP Pekanbaru dan sisanya TNI, Kodim, Polisi.

Soal penertiban yang dimulai malam hari sudah dipertimbangkan untuk menghindari terjadinya bentrok dengan para pedagang. Sebab, jika penertiban dilakukan pada pagi hari, diperkirakan mendapat penolakan dari pedagang.

"Makanya strategi penertiban dilaksanakan mulai malam hari. Kalau dari malam tempat berjualan pedagang sudah kita jaga tentu di pagi harinya pedagang tidak bisa membuka lapaknya lagi,"terangnya.

Untuk mengantisipasi pedagang tidak kembali lagi berjualan di lokasi yang dilarang Pemko Pekanbaru usai penertiban, Satpol PP akan melakukan patroli rutin di Pasar Senapelan.

"Jadi di setiap simpang masuk ke Jalan Teratai akan dijaga oleh tim Yustisi," katanya menambahkan.