Upaya Penyelundupan Ratusan Karung Bawang Di Dumai Berhasil Digagalkan Aparat

id upaya penyelundupan, ratusan karung, bawang di, dumai berhasil, digagalkan aparat

Upaya Penyelundupan Ratusan Karung Bawang Di Dumai Berhasil Digagalkan Aparat

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Satuan Polisi Air Polres Dumai,Riau, menggagalkan upaya penyelundupan 300 karung bawang merah dari satu kapal motor tanpa nama di Sei Masjid, Kecamatan Dumai Barat, Jumat (16/9).

"Patroli jaga Satpolair terima informasi dari nelayan ada kapal motor bermuatan bawang merah di perairan Sungai Masjid, kemudian tim langsung melakukan pengejaran," kata Kapolres Dumai AKBP Donald H Ginting di Dumai, Sabtu.

Dikatakannya, pengejaran kapal motor diduga membawa bawang merah ini menggunakan speed boat patroli IV-1201 dengan menelusuri Sungai Masjid dan dibantu tim jaga Satpolair dari jalur darat.

Kapal motor tanpa nama akhirnya terlacak oleh petugas dan ditemukan sedang sandar dan bermuatan bawang merah di Parit Pisang Mas Kelurahan Bagan Keladi Kecamatan Dumai Barat sekitar pukul 12.00 Jumat kemarin.

"Saat ditemukan kapal motor itu tanpa nakhoda dan awak kapal, selanjutnya kami amankan di kantor Satpolair Polres Dumai," terang AKBD Donald.

Dalam perkara karantina hewan ikan dan tumbuhan ini, Polres Dumai melakukan penyitaan sekitar 300 karung bawang merah dan satu kapal motor tanpa nama, sedangkan pemilik dan asal barang masih dalam penyelidikan kepolisian.

Pelaku penyelundup bawang merah dapat dikenakan sanksi hukum karena melanggar perundangan tentang karantina hewan dan tumbuhan serta kepabeanan dalam Undang Undang Nomor 16 Tahun 1992.

Penyelundupan bawang ilegal ke wilayah Pelabuhan Dumai sejauh ini masih marak dan pencegahan terus diupayakan bersama dengan sejumlah instansi terkait setempat lain seperti kepolisian, TNI, dan Bea Cukai.

Sat Polair Polres Dumai pada 7 September 2016 juga menggagalkan penyelundupan bawang merah impor ilegal sebanyak 332 karung tanpa pemilik di perairan Selingsing, Medang Kampai.