BI Riau Gelar Penukaran Uang Koin Di Car Free Day

id bi riau, gelar penukaran, uang koin, di car, free day

BI Riau Gelar Penukaran Uang Koin Di Car Free Day

Pekanbaru (Antarariau.com) - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Riau bekerjasama dengan 13 perbankan yang ada di Kota Pekanbaru mengajak masyarakat untuk mempergunakan uang koin dengan bijak karena juga merupakan alat transaksi pembayaran sah.

Pada hari bebas kendaraan atau "Car Free Day" Bank Indonesia bersama perbankan yang lainnya menggelar Gerakan Peduli Koin dengan maksud mengajak pengunjung kawasan tersebut untuk menukarkan uang koin pada stand BI.

"Kegiatan ini diadakan BI untuk mengajak dan mengimbau pada masyarakat mempergunakan uang koinnya sebagai transaksi. Karena banyaknya uang koin ini yang mengendap atau disimpan di rumah saja," ujar Manager Distribusi Uang Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau, Triyanta di sela kegiatan peduli koin di Pekanbaru, Minggu.

Lebih lanjut dia katakan, fungsi uang koin sebagai alat transaksi pembayaran di masyarakat saat ini kurang optimal, bahkan dalam kegiatan transaksi uang koin kerap diganti dengan barang tertentu. Padahal, layaknya uang kertas benda itu juga merupakan pembayaran yang sah.

"Untuk itu kami mendorong peningkatan penggunaan uang koin dalam mengoptimalisasi sebagai transaksi pembayaran. Ayo gunakan jang koin kita dengan bijak, jangan dibuang atau hanya disimpan di rumah saja," katanya.

Disampaikannya penukaran uang koin tersebut bisa dimulai dari pecahan Rp50 sampai Rp1000. Cukup dengan memisahkan masing-masing pecahan ke dalam kantong plastik yang disediakan BI, lalu hitung nominal yang dimiliki sebelum ditukarkan. Kemudian pastikan logam tidak didekat dengan perekat. Berdasarkan pantauan, ada hadiah menarik setiap penukaran, serta ada cenderamata bagi yang berhasil menghitung dengan cepat dan tepat koin-koin yang disediakan.

"Pada provinsi Riau ini merupakan kegiatan yang pertama kita lakukan. Kegiatan serupa juga akan kami lakukan di CFD pada pekan depan. Banyaknya uang koin yang tidak dipergunakan membuatnya tidak berputar. Padahal, BI mengeluarkan uang koin sebanyak Rp50 juta perhari. Tapi yang kembali masuk ke BI tidak sampai 10 persennya," paparnya.

Dijelaskannya, warga bisa menukarkan uang koin bukan hanya di gerakan peduli koin di CFD saja. Tetapi juga bisa menukarkan di kantor Bank Indonesia pada hari dan jam kerja Senin-Jumat setiap pekannya.

"Penukaran uang koin tidak dipungut biaya, ayo kumpulkan dan tukarkan uang logamnya," tutupnya.

Oleh: Nella Marni