Terbang 16 Kali Sehari di Pekanbaru, Citilink Jaga Ketepatan Waktu

id terbang 16, kali sehari, di pekanbaru, citilink jaga, ketepatan waktu

Terbang 16 Kali Sehari di Pekanbaru, Citilink Jaga Ketepatan Waktu

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Maskapai bertarif rendah Citilink mengaku, menjaga on time performance atau ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan pesawat dengan total frekuensi 16 kali dalam satu hari terutama musim mudik Lebaran tahun ini di bandara Pekanbaru.

"Kita fokus jaga on time performance di bandara ini, menjadi di atas rata-rata 90 persen. Karena waktu tiba dan berangkat pesawat, sangat berpengaruh dengan rute penerbangan di kota lain," papar Kepala Perwakilan Penjualan Citilink Pekanbaru, Ridwan di Pekanbaru, Jumat.

Menurutnya, pihaknya bisa efektif memanfaatkan waktu selama 40 menit saat pesawat mendarat dan terhenti dengan sempurna di area parkir Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Dengan waktu tersebut, lanjut Ridwan, maka berbagai aktifitas bisa dilakukan seperti turun dan naiknya penumpang dari atau ke pesawat serta dibantu oleh tenaga "ground handling" yang membawa barang bagasi penumpang.

"Jadi, kita jaga saja waktunya dengan sebaik mungkin. Lalu kita memberikan layanan terbaik kepada para penumpang Citilink, sehingga mereka tidak kecewa baik mudik atau arus balik Lebaran kali ini," katanya.

Operasional maskapai Citilink di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II memiliki total frekuensi terbang delapan kali dalam sehari baik pergi atau pulang, terdiri dari rute Pekanbaru-Jakarta dan Pekanbaru-Batam masing-masing dua kali.

Lalu rute Pekanbaru-Bandung, tujuan Pekanbaru-Medan, penerbangan Pekanbaru-Surabaya dan terakhir Pekanbaru-Yogyakarta masing-masing satu kali dalam sehari menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 berkapasitas 180 kursi.

"Untuk mudik Lebaran kali ini, Citilink di Pekanbaru tidak mengadakan extra flight (penerbangan tambahan) karena keterbatasan armada. Soalnya di rute lain sudah melakukan penambahan seperti Jakarta-Padang dan Jakarta-Denpasar," ucap Ridwan.

Presiden Maskapai Citilink, Albert Burhan sebelumnya mengaku, pihaknya menyediakan 112 extra flight atau penerbangan tambahan dengan 16.800 kursi yang akan diberlakukan saat puncak arus mudik dan balik yaitu dimulai sejak tanggal 1 sampai 17 Juli 2016.

Dia menjelaskan, rute-rute yang ditambah frekuensi penerbangan tersebut merupakan rute padat penumpang seperti dari Jakarta dengan tujuan Medan, Padang, dan Denpasar.

Albert mengatakan, dengan tambahan penerbangan tersebut, maka Citilink akan menerbangi sedikitnya total 238 kali dalam sehari selama periode Lebaran.

"Kami siap mengerahkan seluruh armada Citilink yang terdiri dari 38 unit pesawat Airbus A320-200 dan 2 unit pesawat jenis Boeing 737-500 untuk mengangkut penumpang selama libur Lebaran 2016," jelasnya.