Panwas Pekanbaru dan Kampar Dilantik dan Diambil Sumpah

id panwas pekanbaru, dan kampar, dilantik dan, diambil sumpah

Panwas Pekanbaru dan Kampar Dilantik dan Diambil Sumpah

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Panitia pengawas (Panwas) Pemilihan Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru resmi dilantik, dilaksanakan di Pusataka Wilayah Soeman HS, Provinsi Riau.

"Diharapkan Panwas melakukan tugas dengan baik selain sesuai dengan peraturan perundang- undangan, dia harus mendapat legitimasi dari masyarakat dari peserta pilkada juga,kalau itu dapat dilakukan mereka InsyaAllah dapat menjalankan tugas dengan baik," kata Asisten I SekdaProv Riau, Ahmad Syah Harrofie yang disampaikannya usai acara pelantikan tersebut di Pekanbaru, Senin.

Sebanyak enam panwas terpilih yang dilantik Senin (30/5) dari Kabupaten Kampar yakni Aprijon, S.Si, M.Sc, Martunus, S. Ag, Zainul Aziz, S. Ag dan Kota Pekanbaru yakni Agung Nugroho, S. Ip, Indra Khalid Nasution, SH serta Yasrif Yakub Tambusai, SH.

Ahmad menekankan akan pentingnya peran dan tanggung jawab yang akan diemban panwas kedepannya yang disampaikan dalam sambutan yang mewakili Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Besar harapannya agar Pilkada tersebut berjalan demokratis, jujur dan adil berkaca dari kesuksesan pemilu yang selenggrakan pada 2015.

"Hal tersebut menjadi tantangan bagi kita agar pemilu 2016 dapat berjalan sukses seperti sebelumnya, dan penyelenggaraan berjalan optimal," kata dia lagi.

Dijelaskannya, bahwa Kota Pekanbaru sebagai barometer begitu juga Kabupaten Kampar, maka penyelenggara pemilu memiliki peran dalam melaksanakan proses organisasi Sedangkan badan panwaslu yang bertugas mengawasi pengawasan penyelenggaran pemilu.

"Para aktivis yang dilantik sudah memili bekal pengalaman yang menjadi acyan kedepannya dalam menjalan kan tugas dengan baik," ucapnya.

Namun begitu, pelaksanaan pemilu disampingkan diawasi Provinsi juga harus diawasi oleh masyrakat luas.

Hadir ditempat yang sama Sekretasi Jendral Banwaslu, Gunawan Suswantoro menjelaskan mengenai eksistensi lembaga panwaslu.

"Yakinkan kepada masyarakat bahwa tidak ada satupun surat suara yang hilang, saya yakin dengan tantangan ini penyelenggaraan akan berjalan sukses," kata dia.

Hadir dalam pelantikan Ketua Komisi Pemilihan Umum, Ketua Banwaslu, Pimpinan kabupaten/kota, para stakeholder dan insan pers. (Diana Syafni)