Buaya 2,3 Meter Kesasar ke Kebun Sawit Ditangkap Warga Inhu

id buaya 23, meter kesasar, ke kebun, sawit ditangkap, warga inhu

Buaya 2,3 Meter Kesasar ke Kebun Sawit Ditangkap Warga Inhu

Rengat, (Antarariau.com) - Seekor buaya rawa masuk ke areal kebun PT Tesso Indah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau dan kesasar masuk ke kebun sawit karena kelaparan membuat heboh masyarakat setempat lalu menangkapnya.

"Kami datang menyaksikan seekor buaya dewasa sedang berjemur di lahan kebun sawit perusahaan," kata salah seorang warga Indragiri Hulu Yusman di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan, perkebunan sawit PT Tesso Indah tidak terlalu jauh dari Sungai Indragiri, kemunculan buaya diyakini akibat sungai tercemar dan hewan itu merasa terusik hingga kerap mencari makan di darat.

Buaya itu bisa saja memangsa manusia, ternak dan lainnya jika dibiarkan begitu saja, dengan munculnya secara mendadak di tengah kebun sawit membuat warga kompak untuk menangkapnya agar tidak membahayakan penduduk dan bahkan menjadi tontonan menarik ratusan penduduk.

Kapolsek Lirik Indragiri Hulu AKP Taupiq Nugraha mengatakan buaya liar itu belum diketahui secara pasti berasal dari mana, kepanikan warga karena kemunculannya secara tiba - tiba di tengah kebun sawit perusahaan yang tidak jauh dari pemukiman warga.

"Masyarakat sedikit heboh, buaya ditemukan disaat salah seorang warga ingin ke kebun melihat ada seekor hewan buas sedang bertengger," terangnya.

Karena warga panik, berlari meminta tolong masyarakat, hingga tidak berapa lama puluhan warga mendatangi lokasi ditemukannya buaya itu sekaligus melaporkannya ke pihak kepolisian terdekat untuk diamankan.

"Buaya itu berhasil diamankan warga, tubuhnya diikat kuat hingga tidak bisa bergerak," ujarnya.

Buaya berukuran berkisar 2,3 meter itu langsung diamankan ke Polsek Lirik, dan menyerahkan buaya itu kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), selanjutnya buaya tersebut dibawa ke BKSDA di Pekanbaru.

Kapolsek juga menyebutkan, kemunculan buaya bukan kali ini saja terjadi di Kecamatan Lirik, bahkan delapan bulan lalu, juga ditemukan seekor buaya dewasa di Desa Seko Lubuk Tigo yang diduga berasal dari aliran sungai Indragiri yang berdekatan dengan kawasan hutan suaka margasatwa Kerumutan.