Pemkab Rohil Matangkan Persiapan Pilkades Serentak 17 Juni 2016

id pemkab rohil, matangkan persiapan, pilkades serentak, 17 juni 2016

Pemkab Rohil Matangkan Persiapan Pilkades Serentak 17 Juni 2016

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau terus melakukan berbagai persiapan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan 17 Juni 2016.

"Kita sudah melakukan sosialisasi mulai dari Camat, Tim Monitoring dan Panitia Pengawas (Panwas) Pilkades khususnya daerah pemilihan," kata Asisten I Bidang Pemerintahan Sekdakab Rohil M. Rusli Syarif di Bagansiapiapi, Rabu.

Ia menjelaskan, bahwa sosialisasi yang dilakukan tersebut menitikberatkan pada tata tertib pelaksanaan, pengaduan serta penyelesaian bila adanya sengketa baik saat pemilihan maupun setelah pelaksanaan Pilkades.

"Kita tentunya menginginkan Pilkades yang dilaksanakan serentak di 64 kepenghuluan nanti terselenggara dengan lancar, tertib tanpa adanya sengketa," harapnya.

Namun, jika seandainya ada masalah maka Panwas setiap kepenghuluan yang nantinya akan menerima laporan serta menyelesaikannya.

"Apabila tidak bisa menyelesaikannya Panwas harus menyerahkan masalah ini ke Tim Monitoring Kecamatan," saran dia.

Meski demikian, jika Tim Monitoring Kecamatan tidak juga dapat menyelesaikan masalah yang sudah dilaporkan tersebut selanjutnya bisa dilaporkan ke Tim Monitoring Kabupaten dan hasilnya akan langsung diserahkan ke Bupati Rohil.

"Tim Monitoring ini sifatnya bila pelaksanaan menemukan sengketa. Sebenarnya Panwas bisa menjadi eksekutor dalam penyelesaian masalah Pilkades, namun apabila tidak bisa menyelesaikan persoalan tersebut maka diserahkan ke Tim Monitoring," jelasnya.

Terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT), ia mengaku bahwa baru dinyatakan sah setelah ada berita acara pengesahan yang ditandatangani langsung oleh para panitia induk dan para calon daerah pemilihan masing-masing.

"Bagi warga yang namanya terdaftar di DPT dan sudah ditandatangani mereka berhak melakukan pemilihan di TPS," tuturnya.

(ADV)

Oleh Dedi Dahmudi