Pameran Dumai Expo Diisi Karnaval Budaya

id pameran dumai, expo diisi, karnaval budaya

Pameran Dumai Expo Diisi Karnaval Budaya

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pameran Dumai Expo dalam rangka hari jadi Kota Dumai ke-17 tahun 2016 pada 27 April 2016 akan diisi karnaval budaya 18 etnis daerah dan seminar bertema Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Koordinator Pelaksana Dumai Expo Fika Wulandari, Sabtu menyebutkan, penyelenggaraan pameran tahunan ini akan dibuat berbeda dibanding sebelumnya, dan fokus mengangkat tema ekonomi budaya.

"Sesuai agenda pemerintah, maka pameran diisi juga dengan seminar MEA menghadirkan dua pakar ekonomi, dan pembukaan Dumai Expo diawali karnaval budaya 18 etnis daerah yang ada di Dumai," ucapnya.

Dijelaskan dia, jelang pembukaan 27 April depan, panitia acara terus menggesa kesiapan pameran yang akan dibuka Wali Kota Dumai Zulkifli AS, dan sejauh ini persiapan sudah mencapai 87 persen.

Dalam kegiatan pameran ekonomi dan budaya ini, lanjut dia, panitia berencana mendatangkan penyanyi senior era 1980-an, yaitu Connie Constantia untuk menghibur pengunjung dan masyarakat Dumai.

"Karena acara ini perayaan hari jadi Kota Dumai, maka kita akan buat pameran selain ada nilai edukasi, juag hiburan untuk masyarakat umum," jelasnya.

Untuk menyemarakkan Dumai Expo, panitia akan membuka 94 stand pameran instansi pemerintah dan swasta, ditambah 125 stand kuliner dan usaha kecil menengah bagi masyarakat pedagang.

Khusus untuk stand instansi pemerintah dan swasta, panitia membuka penyewaan dimulai dari Rp12 juta kelas ekonomi, hingga Rp39 juta bagi stand VIP.

"Proses pembukaan Dumai Expo akan diisi disemarakkan dengan pesta kembang api dan pelepasan 17 lampion sesuai dengan usia Kota Dumai yang memasuki 17 tahun," ujarnya.

Agar kegiatan selama sepekan sejak 27 April-2 Mei di Lapangan Taman Bukit Gelanggang Dumai ini berjalan lancar, panitia sudah berkoordinasi dengan kepolisian, Satpol PP dan Dinas Perhubungan setempat.

Sementara, Kepala Badan Pelayanan Terpadu Penanaman Modal Kota Dumai Hendri Sandra menyebutkan, persiapan Dumai Expo terus dimatangkan oleh panitia pelaksana, dan dijadwalkan dibuka langsung oleh Wali Kota Zulkifli AS bersama wakil Eko Suharjo.

"Dumai Expo untuk memeriahkan hari jadi Kota Dumai, dan sekaligus sarana promosi produk industri dan jasa serta menjalin silaturahmi dalam rangka menghasilkan transaksi bisnis," terang Hendri kepada pers.