16 Gajah yang Bersekolah di Tahura Siak Berpotensi jadi Ekowisata

id 16 gajah, yang bersekolah, di tahura, siak berpotensi, jadi ekowisata

16 Gajah yang Bersekolah di Tahura Siak Berpotensi jadi Ekowisata

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau menyebut, pemerintah provinsi telah sepakat untuk mengembangkan ecotourism atau ekowisata karena berbagai daerah di wilayah itu memiliki lingkungan yang asri dengan mengutamakan aspek konservasi alam.

"Riau menonjol di wisata budaya dan alam. Ini kita akan mengembangkan ekowisata sesuai arahan kementerian pariwisata ekonomi kreatif dalam beberapa tahun ke depan," papar Kepala Disparekraf Provinsi Riau Fahmizal Usman di Pekanbaru, Rabu.

Dia menjelaskan, terdapat perbedaan istilah antara wisata alam dan ekowisata. Kalau wisata alam, katanya, suatu tempat lokasi objek wisata yang sudah terdapat rekayasa keindahan alam.

Sedangkan ekowisata yakni tempat atau lokasi objek wisata masih asri baik hutan maupun alamnya seperti Taman Nasional Tesso Nilo, terdapat pada dua kabupaten di Riau, sebagaian besar di Pelalawan dan sebagian kecil daerah lainnya.

Setiap orang yang melakukan ekowisata berarti akan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki di daerah wisata terutama area alami dengan tujuan untuk konservasi lingkungan, melestarikan kehidupan dan kesejahteraan warga setempat.

"Tapi meski demikian, insfratruktur utama menuju arah itu, kita terus berkoordinasi dengan kementerian dan instansi terkait di daerah untuk terut dikembangkan," kata dia.

Pihaknya saat ini melakukan inventaris data ekowisata khususnya pada kawasan-kawasan yang terjangkau dan terus dikembangkan seperti di Taman Hutan Rakyat (Tahura) di Minas dan Kabupaten Siak karena terdapat beberapa ekor gajah Sumatera sedang diajari.

"Ada 16 ekor gajah disekolahkan di tempat itu. Kita sudah koordinasi ke beberapa instansi terkait, karena letaknya sangat dekat. Cuma satu jam dari Pekanbaru dan kita ingin kembangkan Tahura menjadi salah satu destinasi ekowisata di Riau," ucap Fahmi.