Mahasiswa Meriahkan Earth Hour Malam ini di UIN Suska Riau,

id mahasiswa meriahkan, earth hour, malam ini, di uin, suska riau

Mahasiswa Meriahkan Earth Hour Malam ini di UIN Suska Riau,

Oleh Nella Marni

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Khasim Pekanbaru, Provinsi Riau, ikut berpatisipasi merayakan Eart Hours yang diselenggarakan malam ini di pelataran parkir gedung rektorat.

"Acara ini adalah kali kedua yang dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan Teknik elektro, tahun ini kita bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UIN Suska untuk penyadaran listrik kampus," ujar Steering Commite (SC) Earth Hour UIN Suska, Bangun Sugito, Di Pelataran parkir Rektoran UIN Suska, Pekanbaru, Sabtu malam.

Lebih lanjut ucapnya, pada kegiatan ini kita mengangkat tema "Penyadaran Listrik Kampus", dengan tujuan untuk menyadarkan seluruh mahasiswa UIN Suska sadar akan listrik, pemakaian listrik secara hemat dan tepat.

"Kita sebagai mahasiswa UIN Suska harus sadar hemat listrik, jangan hanya bisa protes dan komplen ketika kipas angin dan AC di kelas mati. Sedangkan kita sebagai mahasiswa hanya membiarkan lampu dan AC hidup sekian jam sampai dimatikan oleh cleaning service (CS)," ucapnya disela persiapan acara.

Uniknya tahun kedua Earth Hour yang digelar oleh mahasiswa ini ada aksi lanjutan. Dalam seminggu sekali, tepatnya setiap Kamis pagi pukul 09.00-09.30 WIB akan ada pemungutan sampah di seluruh area UIN Suska.

"Kami mahasiswa Jurusan Elektronik menggerakkan untuk seluruh mahasiswa UIN Suska, pengennya ini tidak hanya menjadi kesadaran anak elektro saja tetapi semua mahasiswa UIN Suska agar menciptakan lingkungan kampus yang bersih, selain itu kami juga mengajak masyarakat RT RW sekitar dalam gerakan pungut sampah," tuturnya.

Ia berharap ini tidak hanya sekedar seremonial yang diadakan sekali dalam setahun, selanjutnya hilang begitu saja. Tetapi ada kesinambungan dari mahasiswa untuk sadar akan hemat listrik.

Acara ini diisi secara seremonial oleh Wakil Rektor I dan III UIN Suska. Kemudian tepat pada pukul 20.30-21.30 akan pemadaman lampu dan alat elektronik selama satu jam.

Pada pukul yang sama akan ada penerbangan lampion sekitar 30 lebih dan menghidupkan lilin. Diakhir acara akan dihibur oleh komunitas Teh Goyang Rasta dengan nyanyian Reggae.

Selain mereka juga hadir bebrapa komunitas lainnya seperti komunitas Vespa, Mahasiswa Seni, komunitas Bunga Rampai, dan yang lainnya.

Kampanye inisiasi publik menyatukan masyarakat dari seluruh dunia untuk merayakan komitmen gaya hidup hemat energi dengan cara mematikan lampu dan alat elektronik yang sedang tidak dipakai selama satu jam.

"Save Energy For Our Future, Ini aksiku, mana aksimu," tutupnya.