Polres Dumai Kampanyekan Tertib Lalu Lintas Operasi Simpatik 2016

id polres dumai, kampanyekan tertib, lalu lintas, operasi simpatik 2016

Polres Dumai Kampanyekan Tertib Lalu Lintas Operasi Simpatik 2016

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Dumai memulai pelaksanaan Operasi Simpatik 2016 dengan kampanyekan tertib berkendara dan himbauan kepada masyarakat pengguna jalan di persimpangan lampu merah, Selasa.

Kepala Bagian Operasional Polres Dumai Kompol Wawan menjelaskan, operasi simpatik yang dimulai serentak untuk tiga pekan kedepan ini mengutamakan beri kesadaran kepada masyarakat tentang lalu lintas yang baik dan benar.

"Operasi lebih mengedepankan pemahaman dan sosialisasi tertib lalu lintas kepada masyarakat dan menekan terjadi tindak kejahatan di jalan raya," kata dia membacakan sambutan Kaorlantas Polri saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Simpatik 2016 Polres Dumai, Selasa.

Dijelaskan, pelaksanaan operasi simpatik 2016 ini akan menurunkan sebanyak 60 personel Satlantas Polres Dumai dibagi dalam beberapa satuan tugas, yaitu Satgas deteksi dini, preemtif, preventif, penegakan hukum dan bantuan operasi.

Konsep rencana dari Operasi Simpatik 2016 adalah optimalisasi penerapan kawasan tertib lalulintas (KTL) guna menciptakan lokasi penggal jalan yang tertib marka, rambu, parkir serta pengguna jalan yang aman, tertib, selamat dan lancar lalu lintas.

"Seluruh personel akan melakukan kegiatan utama kepada pengguna jalan di kawasan tertib lalu lintas di Jalan Sultan Sarif Kasim dan Jenderal Sudirman," ungkapnya.

Personel polisi pengemban fungsi lalu lintas diharapkan agar meningkatkan intensitas kegiatan pengaturan, penjagaan dan patroli bersama pemangku kepentingan lain di jalan umum sesuai karakteristik situasi dan kondisi KTL.

"Tujuan utama Operasi Simpatik 2016 yang dilaksanakan ini adalah terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas yang telah ditetapkan," terangnya.

Pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Simpatik 2016 digelar di halaman Mapolres Dumai dan selanjutnya personel bertugas resmi melancarkan kegiatan ini dimulai per 1-21 Maret di sejumlah jalan utama dan KTL.