Distribusi Raskin Tahap Pertama Sasar 9.423 Rumah Tangga di Dumai

id distribusi raskin, tahap pertama, sasar 9423, rumah tangga, di dumai

Distribusi Raskin Tahap Pertama Sasar 9.423 Rumah Tangga di Dumai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau, bersama Badan Urusan Logistik atau Bulog, mulai mendistribusikan beras miskin (Raskin) tahap pertama pada tahun ini untuk 9.423 rumah tangga sasaran, Senin.

Wali Kota Dumai Zulkifli AS menyampaikan apresiasi kepada instansi pelaksana program raskin ini dan berharap sistem distribusi dapat berjalan dengan baik, tepat sasaran dan lancar diterima warga berhak.

"Semoga pembagian raskin ini dapat membantu dan meringankan beban warga kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pangan," kata Zulkilfi AS di Aula Distrik Navigasi Kota Dumai.

Dia meminta juga agar petugas pemerintahan terlibat dalam penyaluran raskin ini dapat bekerja baik dan maksimal serta saling berkoordinasi dengan pihak terkait sehingga pelaksanaan minim kendala.

Penyaluran raskin, lanjut dia, merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terkait program pengentasan kemiskinan, sehingga diperlukan dukungan penuh dari semua pihak.

"Aparat pelaksana distribusi raskin diharapkan bisa bekerja dengan optimal, dimulai dari pendataan hingga penyaluran ke masyarakat penerima, serta beras yang dibagikan harus baik dan layak konsumsi," jelasnya.

Menurutnya, program raskin ini kedepan akan mengalami perubahan penamaan karena pemerintah mengganti dengan istilah beras untuk keluarga sejahtera atau Rastra.

Kepala Dinas Sosial Kota Dumai Chairuddin Adnan menjelaskan, jumlah penerima Raskin 2016 tidak mengalami perubahan dibanding sebelumnya mengacu pada data tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K), yaitu 9.432 RTS.

Namun untuk pelaksanaan distribusi raskin tahap berikutnya, bakal ada perubahan jumlah warga penerima, yaitu pengurangan sekitar 400 RTS, dan tim saat ini tengah bekerja mempersiapkan data tersebut.

"Distribusi raksin tahap pertama ini untuk periode tiga bulan, yaitu Januari, Februari dan Maret, sedangkan untuk selanjutnya akan menyesuaikan dengan perubahan data jumlah masyarakat penerima," ungkap dia.

Sedangkan Kepala Perum Bulog Sub Divisi Regional Dumai Titov Agus Sabelia menyatakan komitmen menyalurkan raskin kualitas terbaik, dan jika ada ditemukan yang tidak bagus maka pihaknya siap untuk langsung mengganti.

"Bulog berharap penyaluran Raskin 2016 dapat berjalan lancar dan tepat sasaran serta nihil dari persoalan," harap dia.