Distribusi Raskin Dumai Tunggu Verifikasi Data Penerima

id distribusi raskin, dumai tunggu, verifikasi data penerima

Distribusi Raskin Dumai Tunggu Verifikasi Data Penerima

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Dumai, Provinsi Riau, akan mendistribusikan beras jatah untuk warga miskin atau raskin tahap pertama 2015 setelah verifikasi data penerima dari kelurahan setempat tuntas.

Kepala Bulog Dumai Tomi Despalingga, Sabtu mengakui, distribusi raskin awalnya direncanakan Maret ini, namun tertunda karena pemutakhiran data warga penerima belum tuntas.

"Penyaluran raskin belum terlaksana karena pihak kelurahan belum menyelesaikan verifikasi data calon penerima," katanya di Dumai.

Dia menjelaskan, verifikasi data ini dibutuhkan untuk melihat kelayakan warga calon penerima berdasarkan ketegori yang ada dan supaya tidak salah sasaran.

Diharapkan proses verifikasi data ini dapat diselesaikan cepat agar raskin segera disalurkan kepada 9.423 rumah tangga sasaran (RTS) penerima yang tersebar di 33 kelurahan meliputi 7 kecamatan di Dumai.

"Kita berharap pendataan ini cepat tuntas agar masyarakat penerima segera mendapatkan raskin yang digratiskan pemerintah daerah," terangnya.

Dia menambahkan, Dinas Sosial setempat juga sudah menyampaikan surat permintaan alokasi (SPA) raskin tahap pertama periode Januari-Februari dan Maret ke Bulog, sekaligus SK dari Wali Kota Dumai.

Sistem pendistribusian raskin ini tetap melalui semua kantor kelurahan dan setiap warga penerima akan mendapatkan jatah 45 kilogram untuk tiga bulan sekaligus.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Dumai Chairuddin Adnan mengatakan pihaknya telah meminta seluruh pemerintahan kelurahan untuk secepatnya menyelesaikan verifikasi data penerima raskin karena penyalurannya dijadwalkan Maret ini.

"Penyaluran raskin harus disegerakan dan kelurahan diminta secepatnya menuntaskan pendataan warga, dengan harapan tidak ada kendala serta berjalan lancar," terangnya.