Chevron Buka Toko Pusat Oleh-Oleh Binaan

id chevron buka, toko pusat, oleh-oleh binaan

Chevron Buka Toko Pusat Oleh-Oleh Binaan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) meresmikan pembukaan toko pondok oleh-oleh di Rokan Hilir (Rohil) Provinsi yang merupakan pusat oleh-oleh kedua di bawah naungan program Pusat Pembinaan Usahawan Mitra Chevron (PUC).

"PUC merupakan salah satu program unggulan investasi sosial di bidang pemberdayaan ekonomi. Yang kedua ini telah dibuka dan diresmikan kemarin (Rabu (16/12)," kata Manager PGPA Duri Bekasap Iwan Azof lewat surat elektronik yang diterima, Kamis malam.

Peresmian toko Pondok Oleh-Oleh Rohil sebagai pusat pemasaran usahawan Mitra Chevron bertempat di Jalan Lintas Sumatra Simpang Ujung Tanjung A-11, Ujung Tanjung Rokan Hilir. Peresmian dihadiri lebih dari 100 undangan yang terdiri dari tokoh masyarakat, perwakilan manajemen Chevron, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau yang disebut dengan usahawan mitra Chevron serta mitra-mitra kerja Chevron lainnya.

Bupati Kabupaten Rokan Hilir yang diwakili oleh Asisten 1, Wan Rusli Syarif bersama perwakilan manajemen Chevron, Manager PGPA Duri Bekasap Iwan Azof, dan Perwakilan PKK Kabupaten Rokan Hilir melakukan seremoni potong pita sebagai tanda dibukanya pondok oleh-oleh tersebut. Peresmian turut disaksikan Camat Tanah Putih, Suryadi, dan para unsur pimpinan tingkat kecamatan (upika) terkait.

Dalam sambutannya, Iwan Azof menyatakan rasa syukurnya karena dapat membuka toko pondok oleh-oleh yang kedua sebagai perwujudan komitmen Chevron untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

"Saya sangat bangga karena banyak di antara usahawan mitra Chevron yang saat ini memberdayakan bukan hanya lingkungan keluarganya tetapi sudah mengajak masyarakat sekitar untuk membantu dalam produksi sehingga roda perekonomian dapat berputar dan efek berganda dari program PUC dapat dirasakan oleh masyarakat luas," kata Iwan.

Dia berharap Program PUC mendapatkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat sehingga dapat berkelanjutan.

Untuk diketahui, lanjut dia, Pusat Pembinaan Usahawan Mitra Chevron (PUC) merupakan salah satu program unggulan investasi sosial Chevron yang dimulai pada tahun 2012 yang bertujuan untuk UMKM/usahawan mitra Chevron untuk meningkatkan kapasitas binaan sehingga memiliki daya saing dan bisa memperoleh penghasilan.

Saat ini, lebih dari 200 usahawan mitra Chevron telah bergabung menjadi anggota PUC. Para anggota umumnya berasal dari masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir, katanya.

Untuk terus mengembangkan kapasitas binaan/usahawan, kata dia Chevron melakukan serangkaian upaya seperti pendampingan lapangan, peningkatan kapasitas peningkatan kualitas produk, konsultasi bisnis dan perencanaan usaha, pemasaran dan pengurusan perizinan industri Rumah tangga (P-IRT) dan sebagainya.

Program PUC Chevron didukung oleh mitra pelaksana yaitu Yayasan Talang Anak Negeri (YTAN), Yayasan Sahabat Cipta, Yayasan Kumala dan bermitra dengan pemerintah serta instansi lainnya. Untuk pengembangan program, Chevron juga memfasilitasi dibukanya toko Pondok Oleh-Oleh Duri di Jalan Mawar No. 21, Duri, Kabupaten Bengkalis, sebagai pusat pemasaran produk para usahawan. Toko ini memasarkan aneka produk seperti aneka keripik, kerajinan tangan, kertas daur ulang, aneka kue kering dan kue basah, t-shirt/kaos khas Duri, kerajinan batok kelapa, aneka minuman dan juga bisa memfasilitasi pertemuaan/meeting di lantai 2.

Setelah setahun berdiri, katanya Pondok Oleh-Oleh Duri tidak hanya menjadi pusat penjualan hasil produksi para mitra binaan/usahawan tetapi juga menjadi pusat pendampingan, memfasilitasi berbagai pertemuan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para usahawan khususnya dalam pengembangan produk. Pesatnya perkembangan program PUC mendorong Chevron untuk membuka toko Pondok Oleh-Oleh yang kedua di Rokan Hilir.

Asisten 1 Wan Rusli Syarif memberikan apresiasi kepada manajemen Chevron atas perhatian dan dukungan yang telah diberikan kepada masyarakat Rohil melalui Program PUC. Wan Syarif menghimbau agar masyarakat mau terus mencintai produk dalam negeri sehingga menumbuhkan perekonomian dan meningkatkan pendapatan.

"Saya kagum dengan Chevron karena mampu membina ibu-ibu dalam satu program kegiatan positif dan berdampak terhadap pendapatan keluarga," kata Wan Syarif pada kesempatan tersebut.

Di sela-sela acara, salah seorang usahawan mitra Chevron, Nur¿ainun, yang memproduksi keripik nanas khas Rohil, turut mengucapkan syukur atas dibukanya toko Pondok Oleh-Oleh Rohil. Nur¿ainun sudah menjadi anggota PUC sejak awal 2015. Sebelumnya, keripik nanasnya sudah dipasarkan melalui Pondok Oleh-Oleh Duri dan sekarang dipasarkan juga di toko Pondok Oleh-Oleh Rohil.

"Alhamdulillah, kualitas dan produksi kami menjadi lebih baik sejak mendapat binaan dari Chevron," kata Nur Ainun.