Disdik Dumai Usulkan Sekolah Terapkan Kurikulum 2013

id disdik dumai, usulkan sekolah, terapkan kurikulum 2013

Disdik Dumai Usulkan Sekolah Terapkan Kurikulum 2013

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kota Dumai Riau mengusulkan ke pusat penambahan sejumlah sekolah yang akan menerapkan kurikulum 2013 untuk 2016 mendatang dalam proses belajar mengajar peserta didik.

Kepala Disdik Dumai Syaari menyebutkan, usulan tambahan sekolah yang akan memberlakukan sistem belajar K-13 ini karena menilai pelaksanaan 2015 di sejumlah sekolah.

"Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Dumai sebelumnya sudah dimulai di 15 sekolah SMP dan SMA sejak 2013 lalu, dan sejauh ini berjalan dengan baik dan lancar," kata dia, Rabu.

Disdik Dumai optimis Kementrian Pendidikan RI dapat menyetujui usulan penambahan sekolah penerapan K-13 ini karena sudah dipersiapkan dan untuk menunjang kualitas proses belajar mengajar.

Dijelaskan dia, Dumai termasuk salah satu daerah yang menjadi pilot project kurikulum 2013 di 15 sekolah dan sebagai persiapan 2016 direncanakan pemantapan pelatihan bagi guru.

"Para guru akan mengikuti pelatihan lebih lanjut sebagai pemantapan sebagai kesiapan jika ada sekolah Dumai ditetapkan untuk menerapkan kurikulum 2013," jelasnya.

Kemajuan lain dari penerapan K-13 ini, lanjut dia, SMA Negeri 2 Dumai menjadi sekolah induk dan tempat rujukan bagi sekolah lain luar daerah untuk penerapan kurikulum tersebut.

Kurikulum 2013 diyakini akan lebih merangsang cara berpikir anak didik lebih luas dan kreatif dalam belajar karena materi dalam sistem tersebut dianggap lebih bagus dan disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.

"Pola pembelajaran dengan kurikulum 2013 akan merangsang anak untuk berpikir lebih luas dan sangat berbeda dengan sistem sebelumnya," ungkap dia.