Menteri PPPA Resmikan Rumah Singgah Kanker Alfamart Pekanbaru

id menteri pppa, resmikan rumah, singgah kanker, alfamart pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Prof. Yohana Susana Yembise meresmikan penggunaan rumah singgah kanker anak Alfamart di Jalan Kartini, Pekanbaru.

"Saya sudah keliling Indonesia baru lihat yang seperti ini terimakasih kepada Alfamart," ungkap Menteri PPPA Republik Indonesia, Prof. Yohana Susana Yembise, di Pekanbaru, Sabtu.

Menteri mengaku bersyukur diberi kesehatan dan bisa datang ke Pekanbaru meresmikan rumah singgah ini, karena ditengah kesibukannya yang baru kembali dari luar negeri guna mengikuti agenda PBB dibidang kekarasan perempuan dan anak.

"Walau Menteri kegiatan terlalu padat, tetapi untuk menyelamatkan anak-anak kita semua perlu beri perhatian. Karena mereka generasi penerus bangsa," sebutnya.

Apalagi bagi anak-anak yang menderita kanker. Mereka tadi mencontohkan dari lantunan lagunya jangan menyerah. Artinya hidup itu anugerah bagi siapa saja tanpa memandang status, jadi perli dihargai. Tentunya dengan tidak membeda-bedakan dalam hal apapun.

Diakuinya, Indonesia saat ini masih memiliki kelemahan dalam berbagi kasih dan perhatian kepada anak-anak yang mengalami kebutuhan khusus. Ia mencontohkan di kota-kota besar seperti Jakarta masih banyak anak yang terlantar. Karena memang sebutnya pemerintah tidak bisa bekerja sendiri perlu dukungan semua pihak khususnya pihak swasta seperti yang sudah dilakukan Almart dengan membangun rumah singgah dan memberikan perhatian bagi anak yang menderita kanker.

Masih banyak lagi anak-anak yang berkebutuhan kusus atau disabilitas yang terlantar dan belum mendapatkan perhatian.

Makanya ini jadi pekerjaan rumah semua pihak bukan saja pemerintah, tetapi swasta dengan berbagai kasih dan perhatian.

"Rumah singgah alfamart Ini bisa jadi contoh dan model bagi daerah lain," ujarnya lagi.

Ia juga menitipkan pesan kepada kepala daerah agar memberikan perhatian khusus bagi pembangunan generasi muda bangsa yakni anak-anak.

"Saya mohon kepada kepala daerah mulai dari Guberbur, Walikota dan Bupati agar memperhatikan anak-anak. Karena mereka adalah investasi bangsa kedepan," bebernya.

Ia juga menyarankan, pembangunan jangan hanya memprioritaskan fisik bangunan gedung yang tinggi dan mewah saja, namun juga harus membangun SDM yang dimulai dari anak-anak.

"Apa gunanya gedung bagus menjulang tinggi namun anak-anak sebagai sumberdaya tidak diperhatikan itu percuma," tandasnya.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin, mengatakan rumah singgah kanker alfamart ini yang kedua dibangun setelah di Makassar tahun lalu.

"Lokasi pembangunan rumah singgah dipilih berdasarkan ketersediaan rumah sakit spesialis kanker anak," ujarnya.

Untuk Provinsi Riau RSUD Arifin Achmad melayani pengobatan kanker anak.

"Tersedianya rumah singgah ini sebagai bentuk kepedulian alfamart bagi anak-anak penderita kanker dan membantu meringankan beban mereka khususnya yang datang dari daerah terpencil untuk berobat ke RSUD Arifin Achmad," tambahnya.