Visa 1.030 CJH Asal Pekanbaru Tuntas Dicetak

id visa 1030, cjh asal, pekanbaru tuntas dicetak

Visa 1.030 CJH Asal Pekanbaru Tuntas Dicetak

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengatakan visa 1.030 Calon Jemaah Haji asal wilayah itu sudah tuntas diterbitkan, sehingga tidak akan ada kendala keberangkatan.

"Untuk visa CJH Pekanbaru tuntas semuanya tidak ada masalah tinggal membagikan saja," ungkap Kemenag Kota Pekanbaru, Edwar S Umar, di Pekanbaru, Rabu.

Edwar mengakui, memang perubahan proses pendataan yang mendadak oleh pemerintah Arab Saudi sempat membuat kelabakan pemerintah untuk mengaplikasikannya.

Karena jumlah CJH asal Indonesia yang banyak mencapai 166.800 orang. Sehingga butuh waktu.

Menurut Edwar, dalam sistem elektronik haji internasional tersebut, harus dientri data setiap CJH. Mulai dari nama, negara, provinsi, kabupaten, kecamatan, kloter, pemondokan, lantai, kamar, dan nomor kamar.

"Ini butuh proses karena harus memasukkan satu per satu," katanya.

Apalagi jeda waktu yang diberikan mendadak menjelang keberangkatan kloter pertama Agustus ini.

Namun demikian ia mensyukuri, untuk CJH yang berasal dari Kota Pekanbaru, hingga kini sudah semua memiliki visa.

"Dari 1.030 CJH asal Pekanbaru yang berangkat tahun 2015 ini sudah memiliki visa semua," ujarnya.

Meski diakui dia, belum ada satu pun yang dibagikan. Namun ia berjanji nanti akan diserahkan saat mereka mulai berangkat melalui embarkasi masing-masing.

"Nanti saat berangkat dibagikan visanya," ujarnya lagi.

Ia juga menjelaskan dari 1.030 CJH asal Pekanbaru, ada 10 orang yang dinyatakan batal berangkat ke tanah suci. Ini dikarenakan berbagai alasan, sakit, dan meninggal dunia.

"Namun mereka semua yang melapor batal berangkat sudah digantikan oleh calon pengganti, sehingga yang berangkat tetap sama jumlahnya," tuturnya.

Terkait vaksinasi, Edwar juga menambahkan sejauh ini sudah 99 persen terlaksana. Walau ada 13 CJH yang belum divaksin akibat beberapa alasan.

"Ada yang tidak tahu, ada juga yang keberatan akan tetapi tetap kami upayakan memberikan pengertian agar bersedia divaksin," tambahnya.

Kloter pertama asal Kota Pekanbaru akan berangkat tanggal 27/8 menuju embarkasi Batam.