KPU dan Panwas Rohil Pantau Wilayah Konflik Pilkada

id kpu dan, panwas rohil, pantau wilayah, konflik pilkada

KPU dan Panwas Rohil Pantau Wilayah Konflik Pilkada

Bagan Sinembah, Rohil (Antarariau.com) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Rokan Hilir, Agus Salim didampingi komisioner Taufik dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Jaka Abdillah melakukan peninjauan di sejumlah wilayah yang rawan konflik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nanti.

"Sasaran kita kemarin di wilayah perbatasan kabupaten dan perbatasan provinsi, terutama di TPS 17 Kepenghuluan Bakti Makmur, Kecamatan Bagan Sinembah. Ini merupakan langkah preventif kita untuk mengantisipasi agar tidak terjadi permasalahan seperti pada Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) lalu," kata Ketua KPUD Rohil, Agus Salim, Minggu (23/8).

Sebagian besar, terang Agus, permasalahan yang kerap terjadi pada saat Pilgubri beberapa waktu lalu dikarenakan adanya masyarakat yang menetap di perbatasan Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Propinsi Sumatera Utara dengan Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Bahkan mereka mengaku sebagai warga Rohil dan ikut memilih pada Pilgubri lalu.

"Kita tidak ingin hal itu terulang kembali, apalagi kejadiannya sampai disidangkan ke Mahkamah Konstitusi. Untuk itu saya mengajak kepada seluruh penyelenggara Pilkada untuk berhati-hati dalam melaksanakan tugasnya, ikuti prosedur dan patuhi kode etik sebagai penyelenggara," pinta Agus.

Selain mengunjungi Kepenghuluan Bakti Makmur, KPUD dan Panwas Rohil juga meninjau Kepenghuluan Bukit Mas dan Kepenghuluan Bukit Selamat Kecamatan Simpang Kanan. Kedua wilayah ini juga berbatasan langsung dengan Propinsi Sumatera Utara. (Adv).

Oleh Dedi Dahmudi