Indragiri Hilir Gelar Lomba Pacu Sampan Leper

id indragiri hilir, gelar lomba, pacu sampan leper

Indragiri Hilir Gelar Lomba Pacu Sampan Leper

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata menggelar lomba pacu sampan lemper guna mengembangkan potensi kepariwisataan sesuai dengan geografis alam daerah setempat.

"Salah satu potensi kepariwisataan yang akan tetap dilestarikan di Kabupaten Indragiri Hilir ini adalah lomba pacu sampan leper," kata Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan di Tembilahan, Sabtu.

Wardan menjelaskan bahwa secara historis atau sejarahnya penggunaan sampan leper merupakan salah satu kebiasaan secara turun temurun yang dilakukan oleh masyarakat Indragiri Hilir sejak bertahun-tahun yang lalu khususnya masyarakat yang tinggal di sekitar Kuala Getek.

"Sampan leper ini digunakan sebagai sarana transportasi yang dapat dikayuh di atas air maupun di atas lumpur untuk menuju tempat tertentu," jelasnya.

Dia mengatakan untuk tetap mempertahankan tradisi yang sudah ada sejak lama ini, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata menggelar ¿Even Wisata Pacu Sampan Leper¿.

"Even ini bertujuan untuk membudayakan kembali tradisi yang sudah hampir punah sebagai even wisata yang menarik di Kabupaten Indragiri Hilir ini," ujarnya.

Selain itu pacu sampan Leper ini juga sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, dan masuk dalam kalender pariwisata Riau.

"Kami bersyukur sekali, karena antusiasme masyarakat terhadap even ini masih cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta yang ikut berpartisipasi," ucapnya.

Kemudian dia menjelaskan bahwa pacu sampan leper ini memiliki banyak makna yang terkandung di dalamnya, yakni keuletan, semangat kerja keras, kerjasama, ketangkasan dan sportifitas.

"Oleh karena itu, saya berpesan kepada semua peserta untuk selalu menjaga kekompakan, menggelorakan semangat serta menjunjung tinggi sportifitas dalam berlomba," katanya.

Sampan leper merupakan alat transportasi tradisional yang digunakan oleh masyarakat Indragiri Hilir. Sampai saat ini sampan leper masih digunakan oleh sebagian masyarakat khususnya bagi masyarakat yang bermukim pada tepian sungai.

Sampan leper merupakan alat transportasi yang memiliki keunikan tersendiri. Letak keunikan dari sampan leper yaitu karena dapat digunakan oleh masyarakat diatas lumpur dan dapat juga digunakan diatas air dan memiliki bentuk yang dibuat datar pada bagian bawahnya sehingga memudahkannya untuk didayung diatas lumpur. (Adv)