Pemkab Rohil Gelar Apel Kehormatan Dan Renungan Suci

id pemkab rohil, gelar apel, kehormatan dan, renungan suci

Pemkab Rohil Gelar Apel Kehormatan Dan Renungan Suci

Bagansiapiapi, Rohil (Antarariau.com) - Tepat pukul 00.00 Wib Senin 17 Agustus 2015, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Bagansiapiapi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bertindak selaku Inspektur upacara pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, serta diikuti Bupati Rohil H. Suyatno, Wakil Bupati Erianda, Plt Sekda H. Surya Arfan, TNI, Polri dan sejumlah Pejabat lainnya.

Apel kehormatan ini dimulai dengan penghormatan arwah para pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan.

Terdapat 3 Pejuang TNI, 6 Polri, 17 Pejuang Rakyat, dan 3 Legiun Veteran, serta 21 Pahlawan Tak Dikenal yang berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan RI yang dimakamkan di TMP Kusuma Bhakti Bagansiapiapi.

"Perjuangan mereka tidak akan pernah kita lupakan sampai kapanpun selagi dunia ini ada. Jadi, inilah perjuangan yang harus kita laksanakan dan tentunya bukan rutinitas, tetapi mengembalikan semangat patriotisme, rela berkorban dan ikhlas dalam melakukan perjuangan untuk bangsa dan negara," kata Nasrudin Hasan kepada wartawan usai menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Dia menilai, makna dari renungan suci ini tetap semata-mata mengikuti jejak para pahlawan dan tentunya memilih cara hidup mereka dalam berjuang membela NKRI.

"Perjuangan mereka jangan kita sia-siakan, begitu juga dengan pengorbanan mereka. Semoga saja negeri kita ini mendapat suatu kejayaan sesuai dengan harapan yang mereka cita-citakan," harap Nasrudin.

Sementara itu Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno memberikan apresiasi yang tinggi kepada arwah para pahlawan yang telah berjuang tanpa mengenal siang dan malam demi mempertahankan NKRI.

"Kita sebagai generasi penerus bangsa tentunya bersyukur dan dapat menciptakan serta meningkatkan perjuangan mereka yang dulunya menggunakan bambu runcing. Bayangkan saja hanya mengunakan bambu runcing mereka masih bisa berjuang sekaligus mempertahankan NKRI yang kita cintai ini. Mudah-mudahan arwah para pahlawan kita diterima oleh Allah SWT dan mendapat tempat yang sewajarnya," pungkas Bupati. (Adv)

Oleh Dedi Dahmudi