Dua CJH Pekanbaru Meninggal Dunia

id , dua cjh, pekanbaru meninggal dunia

  Dua CJH Pekanbaru Meninggal Dunia

Pekanbaru, (Antara) - Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mencatat hingga kini sudah dua orang calon jemaah haji asal Pekanbaru yang meninggal dunia sebelum keberangkatan ke tanah suci.

"Minggu kemaren meninggal satu lagi CJH pria asal Pekanbaru warga Jalan Wonosari," ucap Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kementrian Agama Kota Pekanbaru, Defizon, di Pekanbaru, Jumat.

Defizon menyebutkan, sebelumnya sudah ada satu orang CJH asal Pekanbaru meninggal dunia juga pria. Sehingga total yang meninggal ada dua orang.

Menurut dengan meninggalnya dua orang CJH ini, maka kuota yang ditetapkan 1.033 berkurang menjadi 1.031 orang.

"Kami turut berduka cita, karena sudah dua orang jamaah kita yang wafat sebelum berangkat, termasuk yang baru ini Pak Purwanto (46) th warga Wonorejo, Pekanbaru," ucapnya.

Ia menerangkan almarhum berencana akan berangkat bersama istrinya, tapi karena sudah meninggal, terpaksa sang istri sendirian.

"Insya Allah istrinya tetap akan berangkat tahun ini,"ucap Defizon

Dengan demikian, lanjutnya ada dua orang CJH asal Pekanbaru yang batal berangkat secara otomatis.

Dengan kejadian itu, Defizon menyebutkan pihaknya sudah melaporkan ke Kemenag provinsi untuk diambil kebijakan.

Namun saat ini pihaknya masih menunggu laporan dari keluarga almarhum, karena apabila batal keluarga harus melaporkan kepihaknya (Kemenag Pekanbaru).

"Sekarang kami masih menunggu dulu laporan keluarga, karena masih dalam suasana duka cita," katanya.

Saat ditanyakan apakah dengan berkurangnya kuota keberangkatan ini JCH akan digantikan dengan JCH cadangan, Defizon mengatakan pihaknya belum mengetahui persis kebijakan apa yang akan diambil.

"Yang jelas kami sudah melaporkan kepihak provinsi Riau, mengenai bagaimana kebijakan tentu pihak Kemenag Provinsi yang mengkomunikasikan ke Kementrian Agama di Jakarta," ujarnya.

Meski begitu Ia berharap adanya kekosongan kuota bisa diisi oleh Jamaah cadangan.

"Sebelumnya jumlah kuota Jamaah Calon Haji asal Pekanbaru berjumlah 1032, dengan wafatnya Pak Purwanto berarti berkurang menjadi 1031,"katanya.

Defizon menambahkan, manasik haji tingkat Pekanbaru yang dilaksanakan di Masjid Agung Annur disudah ditutup Rabu,(12/8) lalu.

Untuk penerbangan Jamaah haji asal Pekanbaru, kloter IV dimulai pada 27 Agustus nanti.