Siapkan Tujuh Armada Antisipasi Lonjakan Penumpang Lebaran

id siapkan tujuh, armada antisipasi, lonjakan penumpang lebaran

Siapkan Tujuh Armada Antisipasi Lonjakan Penumpang Lebaran

Bengkalis, (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyiapkan tujuh armada Ro-ro yang beroperasi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang Ramadhan dan menjelang Lebaran Idul Fitri.

"Selama Ramadhan dan menghadapi Idul Fitri Tahun 2015 ini, kita mulai buka pelayanan. Insya Allah, dengan tujuh armada ini bisa mengatasi lonjakan penumpang dengan baik, tertib dan lancar," kata Kapala Bidang Darat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau Eko Wardoyo di Bengkalis, Sabtu.

Ia mengatakan, meskipun dermaga saat ini masih satu dan armada yang bertambah, diharapkan ketujuh armada yang siap operasi tersebut bisa melayani arus mudik lebaran nantinya.

Adapun ketujuh armada tersebut adalah KMP Aeng Mas, KMP Tasik Gemilang, KMP Mulya Pertiwi II, KMP Bahari Nusantara, KMP Mutiara Nusantara, KMP Swarna Dharma, dan KMP Swarna Putri.

Dia menjelaskan, selain menyiapkan tujuh armada ro-ro, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Dishubkominfo juga telah menetapkan jadwal penyeberangan mobil tanki bahan bakar minyak (BBM) atau pun mobil angkut gas elpiji maupun sejenisnya.

"Pemerintah dan perusahaan pelayaran telah memberikan jadwal untuk penyeberangan kendaraan angkutan khusus pembawa BBM dan Gas Elpiji ke Pulau Bengkalis yang dilakukan pada pukul 12.00 WIB," katanya.

Sementara itu, warga Kelurahan Damon, Zabidi yang sering bepergian keluar daerah menggunakan jasa penyeberangan ro-ro menyambut baik atas bertambahnya armada penyeberangan saat ini.

Untuk lebaran pemerintah memang harus menambah jumlah armada, karena seperti tahun-tahun sebelumnya jumlah penumpang membludak sehingga terjadi antrian mobil yang panjang mengantri untuk menyeberang, katanya.

Menurut Zabidi, bukan hanya armada yang harus ditambah, pemerintah setempat juga harus menambah Dermaga Ro-ro untuk mengantisipasi terjadinya antrian panjang di penyeberangan ro-ro Bengkalis-Sungai Selari Pakning. (Adv)