1.043 Armada Cadangan Disiapkan Antisipasi Lonjakan Pemudik

id 1043 armada, cadangan disiapkan, antisipasi lonjakan pemudik

Pekanbaru,4/9 (ANTARA) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Pekanbaru dalam rangka menyambut Idul Fitri menyiapkan 1.043 armada cadangan, baik darat, udara maupun laut guna mengantisipasi terjadi lonjakan pemudik.

"Untuk tahun ini telah disiapkan 1.043 armada cadangan yang siap dioperasikan jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang ," ungkap Kepala Dishubkominfo Pekanbaru, Syafrudin Sayuti, Sabtu.

Ia mengatakan, cadangan armada yang disiapkan ini berupa angkutan laut, darat dan udara. Untuk angkutan darat cadangan armada diantaranya ada Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) sebanyak 172 unit.

Sedangkan untuk Angkutan Kota Dalam provinsi dicadangkan sebanyak 264 unit.Untuk angkutan laut 21 unit cadangan dan udara 21 unit cadangan.Selain itu juga dicadangkan sekitar 565 bus pariwisata.

"Meski lonjakan pemudik asal Riau tiap tahunnya menurun, kami akan tetap antisipasi dengan menyediakan armada cadangan," katanya.

Selain mengantisipasi lonjakan, armada cadangan juga dimaksudkan sebagai solusi jika terjadi lonjakan harga tiket yang nilainya di luar kewajaran .

"Jika di lapangan terjadi lonjakan harga tiket mudik di luar kewajaran, maka armada cadangan siap digunakan dengan harga tiket standar," urainya.

Ia mengimbau kepada pemudik , agar membeli tiket pada loket resmi jangan melalui calo. "Jika warga menemukan ada kejanggalan pada harga tiket silahkan langsung melapor kepada pihak kami," tegasnya.