KPU Bengkalis : Rekrutmen PPK 2015 Berbeda

id kpu bengkalis, rekrutmen, ppk 2015 berbeda

KPU Bengkalis : Rekrutmen PPK 2015 Berbeda

Bengkalis, (Antarariau.com)- Rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pemilihan kepala daerah setempat pada Desember 2015 berbeda dari tahun sebelumnya, yakni melalui proses tiga tahapan, yakni kelengkapan administrasi, tes tertulis dan wawancara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau Defitri Akbar di Bengkalis, Senin, mengatakan, sebelumnya proses rekrutmen PPK hanya menggunakan sistem tunjuk, yang berarti orang yang direkomendasikan akan menjadi anggota panitia pemilihan kecamatan.

"Disamping itu, panitia pemilihan kecamatan juga diharuskan bersikap jujur dan adil (jurdil), karena sikap ini merupakan kunci sukses penyelenggaraan pesta pemilihan kepala daerah (pilkada) nanti," katanya.

Ia menjelaskan, anggota PPK mempunyai tanggung jawab yang tinggi dalam menjaga stabilitas sosial politik pada Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2015 di wilayah itu.

Sementara itu katanya, untuk menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis pada 2015, KPU Bengkalis berpedoman pada motto "BIJAK" Yaitu Bersih, Integritas, Jujur, Amanah, dan Kekeluargaan.

Selain itu, komisi pemilihan umum Daerah Bengkalis juga siap menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Persiapan KPUD untuk itu sudah dilakukan sejak 2014 silam. Karena sesuai regulasi peraturan baru, untuk menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis 2015 ini, termasuk KPUD Bengkalis harus bekerja tujuh bulan sebelum hari H dan 1 bulan sesudah hari H," katanya.

Ia menjelaskan, KPU telah melantik sebanyak 40 anggota PPK pada Sabtu (16/5), dan ke 40 peserta PPK tersebut gabungan dari delapan kecamatan di Kabupaten Bengkalis.