Distanak Bengkalis: Inseminasi Buatan Mampu Hasilkan Ternak Unggul

id distanak bengkalis, inseminasi buatan, mampu hasilkan, ternak unggul

Distanak Bengkalis: Inseminasi Buatan Mampu Hasilkan Ternak Unggul

Bengkalis, (Antarariau.com) - Inseminasi buatan (IB) bagi ternak sapi mampu menghasilkan bibit unggul dan bibit pejantan tangguh yang selama ini sulit didapatkan, kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, H Ariyanto.

"Karena hasilnya baik, maka kita sendiri dari Dinas Pertanian dan Peternakan sudah memprogramkan pelatihan IB atau kawin suntik bagi para peternak sapi daerah ini," kata Ariyanto, di Bengkalis, Sabtu.

Ia mengatakan, para peternak sapi di Bengkalis harus bisa melakukan inseminasi buatan pada ternak.

Saat ini, katanya, 16 peternak sapi di wilayahnya telah mendapatkan pelatihan dan pendidikan di balai pembibitan ternak unggul di Sumatera Barat,

"Kita harapkan, dengan adanya pelatihan tersebut mereka bisa menerapkan di daerahnya masing-masing," katanya.

Ariyanto menjelaskan, beberapa dari peternak sapi tersebut sudah pro aktif melakukan IB dan cukup berhasil.

"Salah satunya adalah peternak sapi di Siak Kecil. Ada peternak sapi di sana yang mampu melakukan IB dengan cukup baik," katanya.

IB ini memiliki banyak keuntungan bila dibandingkan dengan kawin alami. Salah satunya adalah bisa menghasilkan ternak unggul karena perlakukan yang diberikan saat IB cukup selektif.

"Sebisa mungkin, kita tidak melakukan IB terhadap sapi-sapi yang masih dalam satu keturunan. Namun, disilangkan dengan sapi-sapi lain dari keturunan berbeda," katanya.