Disnak Inhu lakukan inseminasi buatan sapi

id disnak inhu, lakukan inseminasi, buatan sapi

Disnak Inhu lakukan inseminasi buatan sapi

Rengat (antarariau) - Dinas Peternakan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Propinsi Riau, melakukan Inseminasi Buatan (IB) terhadap sapi di seluruh wilayah itu.

Inseminasi dilakukan di Kabupaten Inhu pada Rabu (21/11) di Desa Titian Resak, Kecamatan Seberida.

"Disnak melakukan pengobatan bagi hewan sapi yang mengalami sakit serta melakukan penyemprotan anti nyamuk guna mengantisipasi serangan nyamuk pada musim penghujan,"kata Kepala Disnak Inhu, Asep Sumantri melalui Kasi Produksi, Jebul Suharto, di Rengat, Kamis.

Dikatakannya, kegiatan inseminasi buatan (IB) untuk pengembangan ternak dan pengobatan massal dilakukan secara bertahap dan sudah berlangsung sejak Selasa (20/11). Kegiatan ini dilakukan melalui masing-masing kelompok ternak di bawah pengawasan tujuh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Peternakan.

Untuk Kecamatan Rengat dan Kuala Cenaku dipusatkan di bawah pengawasan UPT Rengat pada hari Selasa (20/11), Kecamatan Rengat Barat dan Kecamatan Seberida berlangsung di bawah UPT Kecamatan Seberida, Rabu (21/11), Kecamatan Lubuk Batu Jaya dan Sei Lala, Kamis (22/11) dan Kecamatan Batang Cenaku dilaksanakan pekan depan.

"Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut, yakni melakukan pemeriksaan kebuntingan hewan sapi, pemeriksaan gangguan reproduksi, termasuk pemeriksaan kesehatan ternak dan pengobatan ternak secara massal," katanya.

Jebul Suharta juga menjelaskan, kegiatan IB yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun tersebut bertujuan untuk mensukseskan program swasembada daging sapi atau kerbau tahun 2014.

Adapun jenis pengobatan yang diberikan terhadap hewan sapi, menurut Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Fahrurrozi, yakni Lutalyse untuk gangguan reproduksi, albenol sejenis obat cacing dicampurkan dengan air minum, gusanek untuk obat luka dengan semprot, diberikan juga suntikan vitamin untuk mendorong pertumbuhan dan meningkatkan nafsu makan, obat mata sejenis antibiotik serta diberikan obat cacing untuk di hati sapi.

Dalam kegiatan tersebut diturunkan beberapa petugas inseminator yang ahli sebagai penyuntik kawin dan beberapa petugas kesehatan ternak.

"Dari kegiatan itu pula kami bisa bertemu dan menerima secara langsung apa yang menjadi keluhan para peternak di seluruh kabupaten Inhu dan dapat menyelesaikannya jika terjadi permasalahan di dalam kelompok ternak," katanya. ***2***