Pemkab Inhil Jadikan Pasar Bebas Sebagai Peluang Emas

id pemkab inhil, jadikan pasar, bebas sebagai, peluang emas

Tembilahan, (Antarariau.com) – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, mengharapkan seluruh pihak khususnya pemerintah daerah setempat harus optimis, bahwa pemberlakuan Pasar Bebas ini dapat dijadikan momentum dan peluang emas untuk membangkitkan dan memajukan pembangunan daerah.

"Dengan adanya pasar bebas tersebut diharapkan dapat memajukan dan meningkatkan berbagai sektor baik di bidang pembangunan infrastruktur, memajukan ekonomi, keamanan, pendidikan maupun sosial budaya," kata Asisten II Setdakab Indragiri Hilir, Fauzar, di Tembilahan, Kamis.

Terkait dengan kesiapan Kabupaten Indragiri Hilir untuk menghadapi pasar bebas Asia Tenggara yang akan diberlakukan dalam waktu dekat ini, dia mengatakan bahwa tidak ada kata lain, kecuali semua pihak dan seluruh stakeholder harus bekerja keras, dalam mempersiapkan segala sesuatunya secara menyeluruh.

"Kita harus mempersiapkan semuanya baik itu dari sisi Infrastuktur, sektor Industri, maupun Sumber Daya Manusianya," ujarnya.

Oleh karena itu, dia berharap kegiatan dialog tentang Pemantapan Strategi Kabupaten Indragiri Hilir Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Tembilahan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi Mahasiswa serta menjadi wadah untuk saling bertukar informasi dan saling menguatkan komitmen dalam rangka menyongsong Pasar Bebas Asia Tenggara 2015.

"Semoga Dialog ini akan menciptakan kesatuan dan persatuan diantara pemuda dan Mahasiswa Indragiri Hilir, serta akan membentuk semangat perjuangan untuk menghadapi Pasar Bebas Asia Tenggara khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir," harapnya.

Pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berawal dari kesepakatan para pemimpin ASEAN dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada Desember 1997 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kesepakatan ini bertujuan meningkatkan daya saing ASEAN serta bisa menyaingi Tiongkok dan India untuk menarik investasi asing. Modal asing dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan warga ASEAN. (Adv)