Disdik Pekanbaru Populerkan Taman Hidroponik

id disdik pekanbaru, populerkan taman hidroponik

Disdik Pekanbaru Populerkan Taman Hidroponik

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan, Pemerintah Kota Pekanbaru, ingin mempopulerkan budidaya tanaman yang praktis, mudah dilakukan tanpa membutuhkan lahan yang luas, melalui program taman hidroponik.

"Melalui taman hidroponik ini kita dapat bercocok tanam, seperti menanam sayuran di sekitar rumah kita, sehingga dapat dipakai untuk kebutuhan rumah tangga," kata Zulfadil, Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Pekanbaru, di Pekanbaru, Senin.

Keterbatasan lahan tidak menjadi kendala dalam upaya melakukan kegiatan penghijauan. Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Pekanbaru dapat mewujudkan penghijauan yang mendatangkan manfaat, dengan membangun green house (Taman Hidroponik) di sekitar area kantor.

"Taman hidropnik ini tidak membutuhkan media tanah dalam penanamannya karena taman hidroponik merupakan tanaman yang memanfaatkan media air, tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam," tambahnya.

Dia mengatakan bahwa pembangunan green house (taman hidroponik) di Kantornya merupakan hasil kerjasama Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dengan Bank Indonesia (BI).

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi BI yang telah memberikan bantuan melalui program corporate social responbility (CSR), sehingga dapat dibangun taman hidroponik di sini, sekaligus ini panen perdana," ujarnya.

Pihaknya akan berkomitmen membudayakan program taman hidroponik ini, sebagai bentuk kegiatan penghijauan di lingkungan sekaligus melakukan kegiatan yang positif.

"Kita akan terus melakukan penghijauan ini, membuat suasana kantor yang hijau, sehingga membuat staf dan karyawan merasa nyaman dalam bekerja," ucapnya.

Zulfadil menambahkan, walaupun di Pekanbaru ketersediaan lahan terbatas namun dengan membuat taman hidroponik ini bisa menanam sayur di sekitar rumah, sekaligus dapat menambah penghasilan bagi keluarga.

"Setidaknya penanaman seperti ini, dapat membantu mengurangi belanja rumah tangga, tidak membutuhkan lahan yang luas seperti kita memanen selada dan sawi saat ini," jelasnya.

Melalui program taman hidroponik ini Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru ingin menterjemahkan visi Walikota Pekanbaru, Firdaus, yang ingin menjadikan Kota Pekanbaru sebagai green city (kota hijau).

Hal ini merupakan salah satu wujud menterjemahkan visi Walikota untuk membuat kota Pekanbaru sebagai green house, katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan, pembuatan tanaman hidroponik ini akan terus dilakukan dan diinstruksikan kepada seluruh sekolah yang ada di Pekanbaru.

"kita akan instruksikan kepada seluruh sekolah, baik SD, SMP, SMA maupun SMK untuk membuat taman hidroponik ini di tiap-tiap sekolah," ujarnya.