Pengadaan seragam sekolah di Pekanbaru dipantau

id Disdik Pekanbaru pantau pengadaan seragam sekolah, disdik Pekanbaru, seragam sekolah, pekanbaru

Pengadaan seragam sekolah di Pekanbaru dipantau

Arsip. Calon pembeli mencoba seragam sekolah. (ANTARA FOTO/FransiscoCarollio)

Pekanbaru, (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru memantau pengadaan seragam sekolah, terkait penegasan tidak ada kewajiban pembelian seragam di sekolah sebab khawatir memberatkan para orang tua siswa.

"Kami dari dinas pendidikan tetap memantau pelaksanaan seragam sekolah ini. Kami awasi. Jangan sampai orang tua siswa merasa terbebani dengan masalah keuangan," kata Kepala Disdik Pekanbaru, Abdul Jamal, belum lama ini.

Pihak sekolah, lanjut dia, juga dilarang memaksakan siswa baru untuk membeli seragam sekolah melalui pengadaan dari koperasi sekolah. Seragam sekolah itu boleh beli sendiri atau memakai yang lama.

Jamal menilai, biarkan siswa baru belajar dengan nyaman dulu. Berkaitan dengan seragam sekolah bisa dibicarakan antara pihak komite sekolah dengan orang tua siswa baru jauh hari ke depannya.

"Hanya kami tidak wajibkan untuk pakaian seragam sekolah. Untuk seragam ini orang tua juga bisa membeli di luar. Kalau ingin di sekolah, itu juga harus ada kesepakatan, rapat bersama komite dengan orang tua murid yang dituangkan dalam berita acara," jelasnya.

Hal itu juga dikelola oleh koperasi sekolah, bukan dikelola oleh kepala sekolah ataupun salah satu guru. Dinas mewanti-wanti pihak sekolah jangan terlibat pengadaan seragam di sekolah.

"Jadi di awal-awal ini tidak ada yang mendesak supaya adanya rapat penentuan pakaian seragam. Mungkin beberapa bulan ke depanlah baru mulai rapatnya," katanya.

Meski begitu ia mengungkapkan, Disdik Pekanbaru juga tidak akan mengeluarkan surat edaran untuk mengatur tentang seragam sekolah. Karena menurutnya memang tidak ada regulasinya, orang tua siswa diberikan kebebasan untuk membeli seragam sendiri di luar sekolah.

"Kami tidak buat aturan itu, tidak ada regulasinya. Kemarin kami juga sudah bertemu dengan Saber Pungli Riau, ya saya katakan tidak ada kewajiban beli seragam di sekolah, bebas orang tua beli di luar dan menjahit sendiri seragamnya," tambahnya.