Calon Direktur PDAM Tirta Indragiri Ikuti Profer Test

id calon direktur, pdam tirta, indragiri ikuti, profer test

Calon Direktur PDAM Tirta Indragiri Ikuti Profer Test

Tembilahan, (Antarariau.com) – Calon Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Indragiri Tembilahan hari ini mengikuti fit and proper test direktur PDAM Tirta Indragiri yang dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

"Kami membuka lowongan untuk menjadi direktur PDAM Tirta Indragiri Tembilahan untuk umum, namun yang mengikuti fit dan proper test hanya satu orang," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir, Alimuddin RM, usai melakukan fit and proper test bagi calon direktur PDAM Tirta Indragiri di Balai Utama Kantor Bupati setempat, Rabu.

Dia mengatakan saat ini yang melakukan fit and proper test tersebut bukan lah bupati, namun semua hasil yang didapat dari test ini akan disampaikan kepada Bupati Indragiri Hilir.

"Bupati yang akan menentukan layak atau tidaknya, jika menurut bupati calon ini masih belum layak, maka kami akan membuka lowongan kembali, dan saat ini kami hanya akan menyampaikan point-point serta nilai-nilainya saja yang didapat selama pelaksanaan fit and proper test ini," jelasnya.

Masalah air minum merupakan masalah sepanjang tahun yang dihadapi oleh masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir pada umumnya, terutama pada musim kemarau dimana sumber air bersih sulit di dapat.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih penduduk di Kabupaten Indragiri Hilir seperti kebutuhan pokok masyarakat, kebutuhan industri, perhotelan dan lain-lain, telah dibangun beberapa instalasi distribusi air bersih. Namun karena perkembangan penduduk yang sangat cepat serta perkembangan perekonomian yang cukup pesat, penyediaan air bersih yang ada semakin tidak memadai.

Oleh karena itu pembangunan sarana air bersih guna memenuhi kebutuhan masyarakat, perusahaan dan industri tidak saja pembangunannya di Tembilahan sebagai pusat ibukota melainkan telah dibangun pada beberapa kecamatan yang ada. Mengingat pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi maka kebutuhan air bersih semakin meningkat setiap tahun, sebaliknya kemampuan untuk menyediakan air bersih semakin terbatas.

Adapun pengelolaan sumber air bersih khusus untuk kota Tembilahan dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Indragiri Tembilahan yang airnya berasal dari Sungai Indragiri, Kuala Enok, Pulau Kijang, Sapat, Sungai Guntung dan Enok Dalam, dimana prosesnya melalui teknik penyulingan yang memerlukan dana cukup besar.

Pelayanan sebagai publik service PAM bukan semata-mata bersifat ekonomis, melainkan juga bersifat sosial. Untuk keperluan tersebut melalui bantuan subsidi, telah tersedia Fasilitas Hydran Umum yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara gratis. (adv)