Kontes Batu Akik Di Indragiri Hulu

id kontes batu, akik di, indragiri hulu

Kontes Batu Akik Di Indragiri Hulu

Rengat, (Antarariau.com) - Pelaksana Tugas Sekretaris Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, membuka acara kontes batu akik yang disebut Promo Gemstone I Kabupaten 2015.

Kontes batu akik se Provinsi Riau ini digelar sejak Sabtu 7 hingga 14 Pebruari 2015 yang digelar di ruang terbuka hijau kota Rengat, selain dihadiri sejumlah pejabar Pemkab Inhu juga ribuan masyarakat dari berbagai daerah.

"Saya bangga atas terlaksananya kegiatan ini sehingga kedepan akan menjadikan usaha batu akik Indragiri menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan," kata Plt Sekretaris Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu H Agus Rianto di Rengat, Kamis.

Ia mengatakan, kontes ini merupakan usaha menggali potensi daerah, khususnya batu yang berkualitas di Indragiri Hulu bisa dijadikan usaha besar dan asesories menarik semua pihak hingga ke tingkat nasional.

Melalui Kontes ini diharapkan penggemar batu akik akan melirik daerah Indragiri Hulu sebagai tempat sumber batu menarik, batu berkualitas tinggi dengan Batu Laksamananya yang mengkilau akan memiliki daya tarik sendiri di mata pengunjung.

" Saya berharap kegiatan kontes batu akik dapat berjalan dengan lancar, sebab melalui Promo Gemstone I Inhu diharapkan dapat menjadi ajang promosi batu dari berbagai daerah di Riau terutama batu asli kabupaten," sebutnya.

Kontes ini sebagai langkah awal mempromosikan batu akik yang berasal dari seluruh Kecamatan di Inhu, sehingga dapat dikenal secara luas keberbagai daerah, bahkan dapat dijadikan obyek khusus untuk dikelola sedemikian rupa.

Ketua Asosiasi Inhu Kreatif Adri Bahar juga mengatakan, kontes batu akik berlangsung selama satu minggu, tentu ribuan corak batu akik akan diperlihatkan kepada sejumlah pengunjung, bahkan diharapkan dapat terjual untuk dijadikan oleh - oleh bagi tamu daerah.

"Dilaksanakannya kontes batu akik ini mengingat tingginya minat masyarakat yang cinta dengan hasil alam, khusu batu akik, tidak hanya di Inhu atau Riau bahkan diseluruh manca negara," ujarnya.

Adapun jenis batu akik yang ikut kontes ini ada dua macam, yaitu jenis batu bening atau polos (tampa motif) dan batu akik bermotif untuk semua ukuran.

"Untuk tim penilai, kami memberikan hak kepada penonton atau pengunjung untuk menilai unsur atau nilai yang terkandung dalam batu yang dipamerkan peserta, karena saat ini Inhu tidak memiliki ahli geologi dalam menentukan kadar atau nilai batu akik tersebut," uajrnya.

Dijelaskannya, promo Gemstone I Inhu tidak hanya menampilkan batu akik, melainkan juga menampilkan bonsai, ada mencapai 40 batu akik dan 30 bonsai yang didaftarkan peserta.