Kelompok Ternak Rohil Panen Perdana Telur Ayam

id kelompok ternak, rohil panen, perdana telur ayam

Kelompok Ternak Rohil Panen Perdana Telur Ayam

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kelompok ternak "Sukses Bersama" di Sedingan, Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau sukses melakukan panen perdana ayam petelur bantuan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI).

"Ayam pemberian dari Chevron sebagian sudah bertelur, rasanya tidak sia-sia Chevron membantu kelompok kami," kata Ketua Kelompok Ternak Sukses Bersama, Kamendra kepada pers lewat pesan elektronik yang diterima, Jumat.

Kamendra mengutarakan keinginannya untuk menjual telur-telur yang dihasilkan ke pedagang sekitar sehingga hasil penjualan telur dapat memberikan pendapatan tambahan bagi anggota kelompok ternak dan kesejahteraan mereka meningkat.

Selain telur, lanjut dia, para kelompok ternak juga memanfaatkan kotoran ayam untuk dijual kembali ke petani palawija dan akan digunakan sebagai pupuk. Kotoran ayam dapat menghasilkan Rp30.000 per goni. Hasil penjualan telur dan bahan pupuk kandang kemudian digunakan untuk membeli kebutuhan kandang, membayar listrik dan uang lelah anggota.

Di sela-sela acara penerimaan bantuan, Kamendra menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Chevron karena sudah membantu anggota kelompok ternak.

Ia berharap semoga Chevron lebih sukses ke depannya dan kontrak CPI di perpanjang di Indonesia.

Manager Komunikasi Chevron Tiva Permata mengatakan, program bantuan ayam petelur dimulai sejak pertengahan 2014. Program ini diawali dengan Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh Chevron dan mitra kerja bersama tokoh masyarakat di Kecamatan Sedinginan, Tanah Putih, untuk mengetahui kemampuan masyarakat dan jenis bantuan yang sesuai di wilayah tersebut.

Hasil FGD merekomendasikan beternak ayam petelur sebagai program bantuan yang paling tepat.

Untuk mendukung kebutuhan operasional para peternak, lanjut dia, Chevron juga membangun infrastruktur kandang ayam seluas 80 m2 (20mx4m) untuk kapasitas 850 ekor ayam yang dilengkapi dengan rumah jaga, gudang pakan seluas 35 m2, sumur bor air bersih dan instalasi listrik.

Bantuan Chevron tidak hanya berupa infrastruktur dan 850 ayam petelur, para peternak juga diberikan pelatihan mengenai budidaya ayam petelur, bagaimana cara merawat ayam yang baik dan benar serta berbagi pengetahuan tentang manajemen kandang dan pakan ayam petelur.

Camat Tanah Putih, Suryadi, mengatakan pihaknya tidak menyangka bantuan dari Chevron akan sebagus dan selengkap ini. Dengan wajah sumringah, Suryadi menginstruksikan kepada masyarakat terutama anggota kelompok ternak agar benar-benar memanfaatkan bantuan yang telah diberikanChevron.

Tiva mengatakan, Chevron berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sejak tahun 1950-an. Komitmen tersebut diwujudkan melalui program-program investasi sosial di bidang pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan turut memperhatikan lingkungan.

Dalam proses perencanaan program, Chevron bekerja sama dengan para mitra kerja untuk terus memperkuat kompetensi masyarakat dan mengembangkan potensi lokal.