Bengkalis Peringati Hari Ikan Nasional

id bengkalis peringati, hari ikan nasional

Bengkalis Peringati Hari Ikan Nasional

Bengkalis, (Antarariau.com) - Pemerintahan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, bekerjasama dengan Forum Ikan Nasional ke-1 menggelar peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) pada Jumat.

Menurut Bupati Bengkalis, Herlian Saleh, melalui momentum peringatan Hari Ikan Nasional, pemerintah dan masyarakat diajak untuk mengingat dan membangun tentang peran penting budaya makan ikan.

"Ini merupakan peringatan ke-1 yang digelar di Kabupaten Bengkalis," katanya.

Menurut dia, diadakannya peringatan Hari Ikan Nasional ini bertujuan untuk memperkuat komitmen seluruh lapisan masyarakat terhadap pengembangan perikanan di wilayah kabupaten Bengkalis.

Secara geografis Kabupaten Bengkalis merupakan daerah potensial di bidang perikanan namun hingga saat ini pemanfaatannya belum maksimal.

"Karena itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis memandang serius dan akan terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan yang berbasis konsep perikanan," katanya.

Dia mengatakan terkait pelaksanaan Harkannas, untuk tahun depan tidak hanya diperingati seremonial semata, namun lebih banyak melibatkan masyarakat luas, seperti menyelenggarakan bakar ikan massal.

Dalam acara peringatan Hari Ikan Nasional tersebut ditandai dengan mencicipi berbagai hidangan yang berbahan dasar ikan.

Turut Hadir pada kesempatan tersebut, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkalis, Amril Fakhri, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Hj Romaini Herliyan, Ketua Himpaudi Hj Fatimah Johar Suayatno serta Ketua DWP Hj Gustina Yanti Burhanuddin.

Selanjutnya, perwakilan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Bengkalis, Kabag Humas Setdakab Johansyah Syafri, Asisten I H Amir Faisal dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkab Bengkalis.

Sementara itu, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkalis, Amril Fakhri mengatakan, peringatan Hari Ikan Nasional telah ditetapkan Presiden dan bertetapan dengan peringatan Hari Ikan Dunia.