Forgada peringati HUT Kemerdekaan dengan menanam mangrove

id Pemkab Bengkalis,hut ri,mangrove

Forgada peringati HUT Kemerdekaan dengan menanam mangrove

Peringatan upacara dalam menyambut HUT RI ke-75 di Kecamatan Bukit Batu dilaksanakan di taman wisata hutan mangrove desa Pangkalan Jambi. (ANTARA/HO-Forganda)

Bengkalis (ANTARA) - Forum Gambut Muda (Forgada) Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75 selain mengadakan upacara bendera juga melakukan penanaman bibit mangrove di pesisir pantai desa Pangkalan Jambi, Senin (17/8).

Humas Pertamina RU II Sungai Pakning Rahmad Hidayat mengatakan Forgada merupakan kelompok binaan CSR PT Pertamina yang beranggotakan anak-anak remaja, berpusat di Kecamatan Bukit Batu dengan misi untuk menjadi pelopor dalam pelestarikan lingkungan.

Tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan serta kepedulian bersama terutama generasi muda agar peduli terhadap lingkungan sekitar apalagi daerah pesisir yang sering terjadi abrasi," ujar Rahmad.

Sementara itu Ketua Forgada Aditya Marizky mengungkapkan bahwa kegiatan penanaman mangrove merupakan suatu kegiatan positif terhadap generasi muda dan merupakan suatu kehormatan bisa menyelenggarakan peringatan HUT RI di taman wisata mangrove yang ada di Desa Pangkalan Jambi.

"Kami berterima kasih kepada Pertamina RU II Sungai Pakning yang telah mendukung kegiatan ini dan juga tidak lupa kepada pemerintah daerah setempat, Harapan kami sebagai pemuda agar masyarakat luas dapat terus peduli pada lingkungan sekitar baik itu lingkungan gambut ataupun pesisir," ujarnya.

Camat Bukit Batu, Taufik Hidayat, S.STP, MPA mengatakan peringatan HUT RI ini merupakan yang pertama dilaksanakan di atas laut dan kami bangga atas kegiatan positif yang diprakarsai Forganda.

"Forgada merupakan organisasi kepemudaan binaan CSR Pertamina Sungai Pakning, dalam momen yang sakral ini dimana pemerintah, perusahaan dan masyarakat desa dapat bersatu dalam menyambut hari kemerdekaan. Tentunya kami berharap agar Wisata Mangrove binaan CSR Pertamina Sungai Pakning ini dapat terus maju dan semakin diminati oleh masyarakat luas," harap Camat.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan arak-arakan bendera merah putih ke atas Menara Pandang Desa Pangkalan Jambi oleh Camat Bukit Batu.

Baca juga: Gubernur Riau tanam 2.020 batang mangrove di Bandar Bakau Dumai

Baca juga: Tanam Mangrove, Warga Siak dapat insentif Rp150 ribu per hari dari KLHK