20 Pesilat Rohil Siap Ikuti Popda Riau

id 20 pesilat, rohil siap, ikuti popda riau

20 Pesilat Rohil Siap Ikuti Popda Riau

Bagansiapiapi (Antarariau.com) - Sebanyak 20 pesilat dari Rokan Hilir sudah siap menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Riau di Pekanbaru yang diselenggarakan 9-14 Oktober 2014.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Rohil Zulkarnain Nur Selasa menyatakan, kesiapan itu dinilai setelah para pesilat selesai mengikuti Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga (PPLP) selama 24 September sampai 3 Oktober 2014.

"Kita optimis mereka akan mampu memperkuat tim silat dari Rohil dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Riau di Pekanbaru nanti," katanya

Dia menjelaskan, 20 peserta tersebut merupakan utusan kecamatan, hasil seleksi POPDA tingkat Rohil beberapa waktu lalu, serta beberapa peserta berbakat, pantauan panitia yang saat ini dilatih Zainal Abidin dan Fitri.

Pelaksana kegiatan itu, katanya, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Rohil, menggunakan dana APBD Rokan Hilir, tahun anggaran 2014.

"Ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi peserta, memupuk silaturahmi sesama atlet dan memperkuat tim Rokan Hilir," ungkapnya.

lebih jauh dikatakan, bahwa dalam PPLP, pesilat juga diberikan materi, uji coba sesama atlit, pemanasan (streaching dan senam), latihan fisik seperti lari/jongging, serta latihan daya ketahanan (lari sprint, lari bolak-balik, zik zak, sirkuit training, pus up, sit up).

Selain itu, para atlit juga dilatih untuk kecepatan dan kelincahan, latihan inti dan teknik yang meliputi pukulan, tendangan, sapuan, tangkapan dan koordinasi gerak.

“Peserta dan pelatih, diberi honor, serta kelengkapan pakaian olahraga, agar bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan prestasi dimasa datang,” katanya.