Babhinkamtibmas ujung tombak Polri berinteraksi dengan masyarakat

id Polsek Mandau,bhabinkamtibmas,pilkada Bengkalis,kabupaten Bengkalis

Babhinkamtibmas ujung tombak Polri berinteraksi dengan masyarakat

Kanit Binmas Polsek Mandau AKP Indra Varenal memimpin rapat persiapan pengaman Pilkada bersama Bhabinkamtibmas. (ANTARA/HO-Polres Bengkalis)

Bengkalis (ANTARA) - Kanit Binmas Polsek Mandau AKP Indra Varenal mengungkapkanBhabinkamtibmas adalah ujung tombak yang mengemban fungsi pembinaan masyarakat yang terjun langsung berinteraksi dengan masyarakat.

"Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak terdepan dari kepolisian dan dalam tugasnya berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam menyelesaikan sejumlah persoalan yang terjadi," ujar AKP Indra Varenal saat memimpin rapat bersama Bhabinkamtibmas Polsek Mandau dalam rangka cooling system Pilkada 2024, Minggu.

Kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka memberikan ilmu kepada Bhabinkamtibmas yang bertugas melakukan pembinaan di bidang ketertiban terhadap komponen masyarakat.

"Ilmu yang diberikan ini agar Bhabinkamtibmas dapat melakukan pembinaan kepada remaja, pemuda, wanita, dan anak di berbagai bidang," katanya.

Kanit Binmas juga menekankan Bhabinkamtibmas agar lakukan pendekatan dengan sambang kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat agar ikut berpartisipasi menjaga kamtibmas,

"Lakukan pemetaan wilayah dengan membuat peta kerawanan kamtibmas yang pernah terjadi konflik dalam penyelenggaraan pilkada.

Bhabinkamtibmasharus bersikap netral dan tidak menggiring opini kepada masyarakat untuk memihak salah satu calon," ujarnya.

Selain itu, peran Bhabinkamtibmas sangat penting dalam menunjang profil Polri yang humanis profesional, proporsional. Dan yang paling penting adalah Polri yang dicintai masyarakat.

"Bhabinkamtibmas merupakan penghubung antara Polri dan masyarakat untuk bersinergi mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman, tentram dan nyaman," harapnya.