Kapolres Inhu waspadi konflik yang ditunggangi selama pilkada

id Rengat,Indragiri Hulu

Kapolres Inhu waspadi konflik yang ditunggangi selama pilkada

Polres Inhu gelar anev di Mapolres setempat.(ANTARA/HO-Polres Inhu)

Rengat (ANTARA) - Kapolres Indragiri Hulu AKBP Fahrian Saleh Siregar menggelar kegiatan analisis dan evaluasi Operasi Mantap Praja (OMP) Lancang Kuning dalam rangka Pilkada serentak 2024, Senin.

Kegiatan secara virtual itu dihadiri oleh Wakapolres KompolManapar Situmeang, pejabat operasi dan Kapolsek jajaran.

"Kita harus proaktif dalam mengidentifikasi dan mencegah terjadinya perpecahan di masyarakat, terutama menjelang pelaksanaan pilkada," katanya pada saat acara berlangsung.

Kapolres AKBP Fahrian S Siregar menekankan pentingnya pengawasan terhadap potensi konflik di tengah masyarakat Inhuyang dapat dimanfaatkan oleh pihak - pihak tertentu untuk kepentingan politik.

Menurutnya, tantangan saat ini adalah maraknya isu-isu provokatif yang dapat memicu ketegangan.

"Oleh sebab itu, kita mengingatkan agar semua personel Polri di lapangan tetap sigap dan peka terhadap situasi yang berkembang serta, selalu mengedepankan komunikasi yang baik dengan masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolres juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama - sama menjaga stabilitas keamanan.

"Tentu, kegiatan diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan suasana kondusif menjelang pilkada," sebutnya.

Dengan sinergi antara Polri dan masyarakat, katanya, diharapkan konflik yang ditunggangi kepentingan politik dapat diminimalisir sehingga proses demokrasi dapat berlangsung dengan damai.

Kapolres Fahrian juga berpesan agar setiap anggota kepolisian dapat bersikap netral dan profesional dalam menjalankan tugasnya.