Polsek Tenayan Raya ajak warga proaktif jaga kamtibmas

id Polresta Pekanbaru

Polsek Tenayan Raya ajak warga proaktif jaga kamtibmas

Bhabinkamtibmas Polsek Tenayan Raya saat memberikan imbauan pilkada damai (ANTARA/HO-Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2024, Polsek Tenayan Raya terus menggencarkan upaya menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukumnya melalui program cooling system yang digelar di wilayah Kelurahan Pematangkapau, Kecamatan Kulim, Pekanbaru, Selasa (8/10).

Bhabinkamtibmas Kelurahan Pematangkapau Aipda Ari Marenda, menyampaikan berbagai imbauan penting yang diharapkan mampu meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat terkait Pilkada.

Aipda Ari menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga situasi kondusif selama proses pilkada.

Ia mengimbau warga untuk tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu provokatif yang berpotensi menimbulkan konflik sosial-politik.

"Kita perlu menjaga suasana tetap damai dan menghargai perbedaan, tanpa membiarkan perbedaan pandangan politik menjadi sumber perpecahan di antara masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengajak warga untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak, memilih calon yang dianggap terbaik untuk kemajuan daerah dan negara. Ia berpesan agar masyarakat memastikan terdaftar sebagai pemilih dengan tujuan agar hak politik warga tidak hilang.

Kehadiran Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat bertujuan mempererat kemitraan Polri dan masyarakat, serta membangun kepercayaan publik (public trust) terhadap kepolisian.

Harapannya, masyarakat semakin termotivasi untuk berperan aktif dalam memelihara ketertiban dan keamanan lingkungan selama masa pilkada.

“Dengan hadirnya polisi di tengah masyarakat, diharapkan tercipta partisipasi aktif dari warga untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas tetap aman dan kondusif,” tutur Aipda Ari.

Selain menjaga Kamtibmas, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman warga tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa di tengah perbedaan pilihan politik.